Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Generasi Muda LDII Jaksel Gelar Workshop Film Pendek

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 03 Agustus 2022, 04:22:53

Jakarta (3/8). Generasi muda LDII Jakarta Selatan (Jaksel) berkaloborasi dengan LDII News Network (LINES) DPP LDII menghelat workshop film pendek. Acara itu mengangkat tema “Meningkatkan Kemampuan Generus Untuk Menciptakan Sebuah Karya Dalam Bentuk Film”, pada Sabtu (30/7).

Pelaksanaan kegiatan ini bertempat di Masjid Baitul Hasan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Acara dihadiri oleh beberapa perwakilan remaja PC LDII se-Jakarta Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan dan potensi yang dimiliki oleh remaja LDII Jakarta Selatan.

“Setiap remaja memiliki potensi yang bisa dikembangkan. Pada era digital ini remaja harus mengembangkan potensinya, salah satunya di bidang audio visual,” ucap Ketua Pelaksana Workshop, Islah Rio.

Workshop yang diselenggarakan selama satu hari dengan materi seputar pembuatan film pendek seperti penulisan skrip, penyuntingan, dan pengambilan gambar diisi oleh narasumber berpengalaman dari LINES DPP LDII yaitu Fachrizal Wicaksono, Abdul Husen (Rouf) dan Dandi Ramadhan.

Rio mengungkapkan alasan menggandeng LINES dalam workshop kali ini, karena mereka memiliki pengalaman mengelola LDII TV dengan konten-konten yang menarik, “LINES mengelola kantor berita resmi LDII, karena kami lihat dari konten konten-kontennya di YouTube cukup menarik untuk dibagi ilmunya kepada remaja di Jakarta Selatan,” ujar Rio.

Selaras dengan ucapan Rio, Lines sendiri memang diarahkan oleh DPP LDII untuk memberikan ilmunya kepada Generus LDII. “Memang diperintahkan oleh DPP LDII untuk memberikan materi mengenai workshop film ini dengan mengikuti standar SOP dari bagian Komunikasi Informasi Media (KIM) DPP LDII,” ungkap Wicak.

Workshop diawali dengan Fachrizal Wicaksono memberikan materi cara pembuatan skrip. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemaparan teknik pengambilan gambar dan pengaturan kamera oleh Rouf. Sementara Dandi memberikan materi penyuntingan video. Selanjutnya peserta dibagi tiga kelompok untuk mempraktekkan penulisan skrip, penyuntingan video, dan kamera.

“Cukup menarik, karena para remaja ini belum mengetahui pasti pembuatan film pendek, bahkan mereka yang biasa pakai ponsel, kini belajar menggunakan kamera. Itu bisa menjadi motivasi dia untuk mengembangkan keterampilannya,” ujar Rio.

Dalam kesempatan tersebut, Wicak sebagai narasumber mengungkapkan, workshop bisa menumbuhkan kreativitas dan tali persaudaraan. Menurutnya, workshop kali ini berbeda dengan workshop yang pernah dilaksanakan LINES. Ia menjelaskan, film lebih rumit daripada membuat berita televisi.

“Film itu agak lebih rumit daripada membuat berita, tapi melihat hal tersebut saya merasa senang. Selain menantang diri saya sendiri, untuk membuat pelatihan film namun juga memberikan rasa percaya diri, bahwa film dan jurnalistik ini berbeda,” ucap Wicak. Dia berharap pengurus atau panitia supaya menambah durasi. Pasalnya, pelatihan pembuatan film tidak cukup hanya sehari.

The post Generasi Muda LDII Jaksel Gelar Workshop Film Pendek appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/generasi-muda-ldii-jaksel-gelar-workshop-film-pendek/

built with : https://erahajj.co.id