Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Catatan Ramadhan (13): Menyembunyikan

Kategori : LDII News, Nasehat, Ditulis pada : 15 April 2022, 06:59:11

Oleh: Faizunal A. Abdillah, Pemerhati sosial dan lingkungan – Warga LDII tinggal di Serpong, Tangerang Selatan.

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Yazid ibnu Harun, telah menceritakan kepada kami Al-Awam ibnu Hausyab, dari Sulaiman ibnu Abu Sulaiman, dari Anas ibnu Malik, dari Nabi SAW yang telah bersabda: Ketika Allah menciptakan bumi, maka bumi berguncang. Lalu Allah menciptakan gunung-gunung, kemudian diletakkan di atas bumi, maka barulah bumi stabil (tidak berguncang).

Para malaikat merasa heran dengan penciptaan gunung-gunung itu, lalu bertanya, “Wahai Tuhanku, apakah di antara makhluk-Mu ada sesuatu yang lebih kuat daripada gunung-gunung?” Tuhan menjawab, “Ya, yaitu besi.” Malaikat bertanya, “Wahai Tuhanku, apakah di antara makhluk-Mu ada sesuatu yang lebih kuat daripada besi?” Tuhan menjawab, “Ya, yaitu api.”

Malaikat bertanya, “Wahai Tuhanku, apakah di antara makhluk-Mu ada sesuatu yang lebih kuat daripada api?” Tuhan menjawab, “Ya, yaitu air.” Malaikat bertanya, “Wahai Tuhanku, apakah di antara makhluk-Mu ada sesuatu yang lebih kuat daripada air?” Tuhan menjawab, “Ya, yaitu angin.” Malaikat bertanya, “Wahai Tuhanku, apakah di antara makhluk-Mu ada yang lebih kuat daripada angin?” Tuhan menjawab, “Ya, yaitu anak Adam yang bersedekah dengan tangan kanannya, lalu ia menyembunyikannya dari tangan kirinya.”

Dan dalam di bulan ini ada tip indah dan mudah untuk mewujudkannya, sedekah dengan sembunyi-sembunyi, sebagaimana jalur berikut ini.

وَعَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «الْجَاهِرُ بِالْقُرْآنِ كالجاهر بِالصَّدَقَةِ ولامسر بِالْقُرْآنِ كَالْمُسِرِّ بِالصَّدَقَةِ» . رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَأَبُو دَاوُدَ وَالنَّسَائِيُّ

Dari Uqbah bin Amir dia berkata; Rasulullah SAW bersabda; “Orang yang membaca Al-Qur’an dengan suara yang keras sama halnya dengan orang yang bersedekah dengan terang-terangan. Dan orang yang membaca Al-Qur’an dengan suara perlahan-lahan sama dengan orang yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi.” (HR At-Tirmidzi, Abu Daud dan An-Nasa’i).

The post Catatan Ramadhan (13): Menyembunyikan appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/catatan-ramadhan-13-menyembunyikan/

built with : https://erahajj.co.id