Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Tumbuhkan Rasa Peduli Lingkungan, DPD LDII Pamekasan Tanam Pohon Gandeng Dinas Kehutanan dan Masyarakat

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 31 Januari 2022, 01:18:16

Pamekasan (31/1). Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup DPD LDII Kabupaten Pamekasan bekerjasama dengan Dinas Kehutanan wilayah Sumenep, dan PJ Kepala Desa Ceguk, melakukan Gerakan Menanam Pohon pada Minggu (30/1) kemarin. Kegiatan ini merupakan aksi kedua yang digelar DPD LDII Kab. Pamekasan dari kegiatan penanaman pohon sebelumnya yang dilakukan di sepanjang Jalan Raya Pademawu.

Penanaman kali ini di lahan seluas setengah hektar tidak jauh dari Stadion Ratu Pamelingan, Desa Ceguk, Kecamatan Tlanakan. Sebanyak 200 bibit jenis pohon Jati (Tectona Grandis Lamiaceae) dipersiapkan untuk ditanam di lokasi tersebut yang berasal dari benih bersertifikat.

Dalam sambutannya, Ketua DPD LDII Pamekasan M. Bakir menyampaikan bahwa “Gerakan yang menjadi program kerja DPD LDII Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam ini sebagai bentuk cinta lingkungan. Dan harapannya kepedulian warga LDII dapat meningkat. Sehingga menjadi bagian dari dakwah bil hal.”

Sejumlah 20 peserta yang terdiri dari pengurus harian DPD, pemuda LDII, dan masyarakat sekitar tampak bersemangat mengikuti seluruh rangkaian acara. Mereka membawa peralatan clurit kecil ‘pethok’ dari rumah masing-masing. Dalam kesempatan tersebut Babinsa Desa Ceguk turut hadir dan berpartisipasi dalam penanaman pohon.

Kepala Seksi RLPM (Rehabilitasi Lahan dan Pemberdayaan Masyarakat) Cabang Dinas Kehutanan Sumenep, Agung Katri Atmodjo mengapresiasi adanya kegiatan seperti ini. “Kerusakan lingkungan adalah tanggung jawab kita semua. Kita lah yang harus memulai,” ujarnya. Ia juga menyampaikan bahwa banyak hal yang dapat dilakukan sebagai bentuk peduli lingkungan. Tidak hanya dengan menanam pohon, tapi bisa juga dengan aksi sederhana SABER (Sapu Bersih Sampah Berserakan) di fasilitas-fasilitas umum, area gelanggang olahraga, dan sebagainya.

Pj Kepala Desa Ceguk, Sanoji mengaku, pihaknya juga sangat mendukung dan mengapresiasi Gerakan Menanam Pohon yang dilakukan oleh warga LDII. Ia berharap kegiatan seperti ini tidak hanya berhenti di sini, tapi dapat berlanjut dengan aksi-aksi lainnya.

The post Tumbuhkan Rasa Peduli Lingkungan, DPD LDII Pamekasan Tanam Pohon Gandeng Dinas Kehutanan dan Masyarakat appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/tumbuhkan-rasa-peduli-lingkungan-dpd-ldii-pamekasan-tanam-pohon-gandeng-dinas-kehutanan-dan-masyarakat/

built with : https://erahajj.co.id