Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Siak Prakasai Gerakan Menanam Pohon di Tualang

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 01 Desember 2021, 05:46:00

Siak (01/12). DPD LDII bekerja sama dengan PC LDII Tualang memprakasai kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dengan mengajak Upika Tualang dan masyarakat bersama-sama menanam pohon. Kegiatan tersebut sebagai wujud peduli lingkungan dan pelestarian alam, untuk menghijaukan lingkungan di wilayah Kecamatan Tualang pada Minggu (28/11).

Sesuai Keputusan Presiden RI No.24 Tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Desember sebagai bulan menanam pohon, LDII Siak mengambil momentum tersebut, untuk memulai gerakan penghijauan.

Hadir dalam acara itu, Camat Tualang yang diwakilkan Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Mida Wati Lutfie, dan dihadiri para aparat TNI-Polri, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Mida mengapresiasi kegiatan penghijauan yang diprakarsai oleh PC LDII Kecamatan Tualang. “Sangat kami apresiasi kegiatan ini sebagai upaya pelestarian lingkungan. Hal ini adalah bentuk kepedulian yang luar biasa dari LDII Tualang,” ujarnya.

Mida mengungkapkan bahwa penanaman pohon sebagai wujud menjaga kelestarian lingkungan, mengurangi efek rumah kaca dan untuk mewarisi generasi yang akan datang. Pohon yang sudah ditanam senantiasa dijaga dan dirawat agar bisa tumbuh dan hidup.

“Jangan sampai setelah ditanam lalu ditinggal begitu saja. Nanti kalau banyak yang tidak tumbuh akan percuma. Agar hasilnya maksimal, maka perlu ada monitoring dan perawatan setelah penanaman,” ujar Mida.

Lebih lanjut, Mida berharap gerakan menanan 5.000 pohon dapat menggugah seluruh elemen masyarakat, agar semakin peduli terhadap kelestarian lingkungan demi generasi yang akan datang. Pasalnya akar pohon yang kuat dapat menyimpan air dan mencegah terjadinya bencana alam seperti tanah longsor dan kekeringan.

“Mudah-mudahan dalam penanaman ini akan bermanfaat untuk generasi yang akan datang. Bisa terwujud nyata untuk mencegah terjadinya bencana alam, karena akar-akar pohon yang kuat dapat menyimpan air dan mencengkram tanah,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Siak Subakri, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan program kerja LDII Kabupaten Siak tahun 2021 terkait pelestarian lingkungan. Dalam proses penanaman, pihaknya akan melibatkan kelompok tani, Karang Taruna serta komunitas masyarakat lainnya. Dengan mengambil tema “Go Green untuk Selamatkan Lingkungan dan Generasi Masa Depan” kegiatan ini diharapkan mampu menjadi teladan masyarakat.

“Ini sebagai bentuk tanggung jawab LDII yang bergerak di bidang dakwah untuk memberi teladan bagi masyarakat. Semoga upaya ini turut meningkatkan kepedulian warga terhadap lingkungan,” ujarnya.

Ketua PC LDII Tualang H. Sugiono menyampaikan rasa terima kasih kepada DPR-RI Efendi Sianipar yang banyak mendukung kegiatan DPW LDII Riau, khususnya kelompok tani yang mendapatkan bantuan bibit tanaman di Tualang.

Ia juga berterima kasih kepada unsur pimpinan kecamatan, Kapolsek, Danramil, Senkom, Panitia dan semua masyarakat yang turut menyukseskan kegiatan HPMI, dan menghimbau warga LDII agar turut menjaga dan melestarikan alam.

The post LDII Siak Prakasai Gerakan Menanam Pohon di Tualang appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-siak-prakasai-gerakan-menanam-pohon-di-tualang/

built with : https://erahajj.co.id