Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Kenalkan Ecoprint, Usaha Kreatif Berbasis Kekayaan Alam

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 06 Desember 2021, 05:44:03

Yogyakarta (6/12). Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) menggandeng Omah Fatwa untuk mengenalkan karya ecoprint. Irfan, pebisnis Omah Fatma bersama Pimpinan Gerakan Pramuka DIY menampilkan berbagai jenis kain hasil ecoprint di tengah seremoni gerakan menanam pohon oleh LDII, pada Minggu (28/11/2021) lalu.

Ecoprint merupakan teknik pemindahan motif alam ke dalam suatu media, bisa berupa kain, kertas, hijab, pakaian, sajadah, bahkan keramik. “Teknik ecoprint ini menggunakan bahan alami, mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Adapun motif ecoprint bisa disesuaikan dengan selera dan kreativitas masing-masing,” tutur Ira Fatma, penggagas usaha kreatif ecoprint, Omah Fatma.

Dalam kegiatan launching penanaman pohon tersebut, tamu undangan juga menanam beberapa pohon bahan dasar ecoprint, seperti lanang (Oroxylum Indicum), kalpataru (Ficus religiosa), red panama (Hibiscus Acetosella), kenikir (Cosmos Sulphureus), jarak kepyar merah (Ricinus Communis L), truja (Peristrophe Bivalvis), ketepeng kebo (Cassia Alata) dan handeuleum/daun ungu/daun ambeien (Graptophyllum Pictum).

LDII mendorong pendayagunaan kekayaan alam untuk mengembangkan usaha kreatif ecoprint, khususnya bagi kalangan generasi penerus (generus). Ketua DPW LDII DIY Atus Syahbudin, menjabarkan bahwa pohon dapat menghasilkan oksigen yang dibutuhkan semua makhluk hidup. Selain itu, dengan pohon juga dapat menghasilkan uang.

Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolik oleh tamu undangan di Bumi Perkemahan Dewaruci, Bantul, Yogyakarta. Mereka adalah para pemimpin daerah, aparat TNI-Polri, tokoh ormas, tokoh masyarakat, hingga tokoh agama.

The post LDII Kenalkan Ecoprint, Usaha Kreatif Berbasis Kekayaan Alam appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-kenalkan-ecoprint-usaha-kreatif-berbasis-kekayaan-alam/

built with : https://erahajj.co.id