Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Sako SPN Siap Laksanakan 8 Bidang Pengabdian LDII untuk Bangsa

Kategori : LDII News, Nasional, Ditulis pada : 23 November 2021, 03:48:48

Jakarta (21/11). Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) menghelat rapat koordinasi (Rakor) dan musyawarah program kerja nasional secara hybrid pada 20-21 November 2021 di Ponpes Minhaajurrosyidin, Pondok Gede, Jakarta Timur. Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Majelis Pembimbing (Mabi) Sakonas sekaligus Sekretaris Umum DPP LDII Dody T. Wijaya.

Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya meneruskan keselarasan Sako SPN dengan visi misi DPP LDII yang selama ini telah terjalin dengan baik. Sako diharapkan turut berkontribusi melalui “delapan bidang pengabdian LDII untuk bangsa”.

“Target pembinaan generus LDII adalah membentuk manusia yang berkarakter Tri Sukses (alim-faqih, berakhlakul karimah dan mandiri) disertai dengan enam tabiat luhur (jujur, amanah, mujhid muzhid, rukun, kompak dan kerja sama yang baik),” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Dody T. Wijaya membacakan Surat Keputusan (SK) kepengurusan Sako SPN periode 2021-2026, dan memutuskan Herlan Maulana sebagai Pimpinan Nasional Sako SPN (Pinsakonas) dan Edwin Sumiroza ditetapkan sebagai Ketua Mabi Sakonas sekaligus Ketua DPP LDII Bidang Pemuda, Kepanduan, Olahraga, Seni dan Budaya (PKOSB).

Edwin Sumiroza mengatakan, Sako SPN akan mengimplementasikan delapan bidang pengabdian LDII untuk bangsa, sesuai dengan arahan DPP LDII.

“Saya bersama Herlan akan berkomunikasi dan berkolaborasi menjaga gerbong agar tetap dalam relnya, bisa berjalan dengan lokomotifnya yang dikemudikan oleh Herlan. Saya pikir ini akan terus berjalan sesuai track yang ditentukan oleh DPP LDII,” ungkapnya.

Lebih lanjut, menurutnya, generasi milenial yang saat ini mengkonsumsi informasi secara terbuka, perlu dipupuk lebih banyak terkait wawasan kebangsaan.

“Di dalam Sako SPN diajak untuk mencintai negara sebagai ibadah syukur. Anak-anak Sako SPN lebih dekat alam, dia bisa merasakan betul bahwa alam yang diwariskan merupakan sarana untuk ibadah. Untuk itu, harus dijaga dengan baik, jadi menghormati NKRI dengan pengabdian yang tulus untuk kelancaran adalah rangkaian syukurnya pemuda Indonesia,” tambahnya.

Ketua Mabi Sakonas sekaligus Ketua DPP LDII Bidang Pemuda, Kepanduan, Olahraga, Seni, dan Budaya (PKOSB), Edwin Sumiroza.

Edwin menegaskan, Sako SPN di berbagai tingkatan merupakan bagian dari Kwarnas. Selain itu, Sako SPN mempunyai kekhasan dalam menerapkan nilai-nilai kepramukaan yakni Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

“Kalau Kwarnas itu mempunyai Tri Satya, nilai-nilai internal kita (Sako SPN) punya Tri Sukses (alim-faqih, berakhlakul karimah dan mandiri). Tentu ini (Tri Satya) tidak akan pernah bisa dicapai kalau masing-masing pribadi ini tidak memiliki Dasa Darma. Kami juga punya refleksi Dasa Darma dalam internal Sako SPN yakni enam tabiat luhur,” tutupnya.

Sementara itu, Ka Pinsakonas terpilih Herlan Maulana mengatakan dalam Rakor dan Raker ini, pihaknya menerima aspirasi dan evaluasi dari Sakoda terkait program kerja Sakonas. Ia mengapresiasi kinerja Ka Pinsakonas Edwin Sumiroza dan jajarannya pada periode 2016-2021, dalam mendukung delapan bidang pengabdian LDII untuk bangsa.

“Itu merupakan pondasi yang luar biasa. Kedekatan, bergaul dan bermasyarakat dengan Kwartir baik tingkat nasional maupun daerah sudah ada, sehingga pada kepengurusan kami tinggal melanjutkan,” urainya.

Sakonas sebagai wadah dari Sakoda, akan bersinergi terkait program kerja ke depan, “Yakni Sako SPN menjadi alat latih bagi pembentukan karakter pemuda Indonesia yang profesional religius, menjadi sarana berkontribusi dalam naungan Kwarnas, Kwarda dan Kwarcab, dan bisa membuat generasi muda bangga (yakin) dengan pembinaan dirinya melalui kegiatan Pramuka,” ujarnya.

Saat ini, Sako SPN telah aktif melaksanakan berbagai kegiatan seperti bela negara bersama TNI, bersih-bersih lingkungan mulai skala rumah tangga hingga pemungutan sampah di pesisir pantai dan menanam pohon.

“Dalam waktu dekat, akan ada hari menanam pohon se-Indonesia, kami akan mendukung bersama anggota untuk turut serta berkontribusi untuk bangsa dan negara, dengan menanam pohon, sehingga pohon menjadi sumber kehidupan untuk kita semua,” tambahnya.

Terakhir, Herlan mendorong anggota Sako SPN dapat mengikuti ajang Jambore nasional maupun internasional dengan bersemangat berlatih Pramuka. Menurutnya, berlatih dengan tepat akan membuahkan hasil yang maksimal.

Practice make perfect, dari situlah kami akan mendidik dan membina mulai level yang paling bawah untuk mengikuti jambore nasional dan internasional,” tutupnya (*FS/LINES).

The post Sako SPN Siap Laksanakan 8 Bidang Pengabdian LDII untuk Bangsa appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/sako-spn-siap-laksanakan-8-bidang-pengabdian-ldii-untuk-bangsa/

built with : https://erahajj.co.id