Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Workshop Pembuatan Buket dan Tata Rias, LDII Riau Siapkan Entrepreneur Muda

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 21 Oktober 2021, 10:11:26

Indragiri Hulu (10/10). Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia Provinsi (DPD LDII) Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Pelalawan yang tergabung dalam LDII Riau Zona Timur menghelat pelatihan pembuatan buket dan henna serta tata rias pengantin untuk remaja putri pada Minggu, (10/10) di Sekretariat DPD LDII Indragiri Hulu.

Acara tersebut diikuti 40 peserta remaja putri usia 13 tahun ke atas. Kegiatan ini sebagai bentuk pembinaan terhadap remaja putri yang tergabung di bawah Penggerak Pembina Generus (PPG) LDII Riau Zona Timur untuk mewujudkan keterampilan, kemandirian dan berwirausaha.

Mengingat adanya perubahan grafik perekonomian Indonesia yang cenderung melemah akibat pandemi Covid-19, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membangkitkan perekonomian di Indonesia adalah dengan menciptakan lapangan usaha. Dimulai dengan hal yang sederhana tetapi dapat menghasilkan pendapatan.

Pelatihan kemandirian ini merupakan salah satu program keputrian LDII Riau Zona Timur. PPG Bidang Keputrian yang hadir dalam kegiatan itu antara lain Erawati, Erna Nuriyanti, Vivi Gita Rizki dan Isnaini. Mereka meyakini kegiatan ini menjadi salah satu soft skill bagi remaja putri yang akan merambah ke dunia usaha. Selain itu, para peserta dibekali ilmu untuk menjalankan bisnisnya sesuai dengan syariat Islam, mereka juga dibekali cara tepat merintis usaha.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan remaja putri LDII Riau Zona Timur bisa tergerak untuk memulai bisnis kecil-kecilan. Syukur-syukur bisa membantu keuangan keluarga,” ujarnya.

Dewan Penasehat LDII Kabupaten Indragiri Hulu, Subani memaparkan, LDII berpartisipasi aktif membantu pemerintah membina generasi muda untuk mewujudkan generasi yang alim-faqih, berakhlakul karimah dan mandiri.

“Klaster pembinaan tersebut, bukan hanya di bidang keagamaan saja, namun juga pembinaan di bidang kemandirian seperti keterampilan membuat buket dan tata rias, yang keduanya diminati remaja putri saat ini,” ucapnya.

Subani menambahkan, di tengah perkembangan zaman, remaja putri LDII harus memiliki keterampilan yang baik dalam menghadapi persaingan hidup yang semakin ketat dan keras. Paling tidak para generus mampu mencukupi kebutuhannya sendiri dan mengatur waktu agar lebih bermanfaat.

“Terlebih lagi sebagai wanita yang pasti akan berumah tangga, mandiri dalam hal merias sangat penting sebagai modal dalam berumah tangga nantinya,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua PPG LDII Riau Zona Timur, Joko Ruswinto mengatakan, pelatihan ini sangat bagus untuk diikuti sebagai bentuk pelatihan kepada remaja putri dalam rangka mewujudkan salah satu poin dari program tri sukses yaitu menjadi wanita yang memiliki kemandirian. “Dengan kemandirian itu, tentu akan sangat membantu untuk orang-orang di sekitarnya,” ucapnya.

Keynote Speech dalam workshop ini di antaranya; Ika Melani, Koyim Uswatun Khasanah dan Nur Mughni Jannah yang juga remaja putri LDII Indragiri Hulu yang pernah mendapatkan pelatihan sebelumnya.

Mereka mengatakan dalam merintis suatu usaha perlu mempelajari target pasarnya. Siapa sasarannya, apa yang disukainya, dan tetap konsisten dalam menjaga kualitas dari produk yang dihasilkan. Mereka menegaskan salah satu usaha yang bisa dijadikan peluang bisnis adalah buket dan henna pengantin.

“Beberapa orang menganggap buket dan henna adalah keterampilan yang cukup sulit dalam pembuatannya. Padahal, tidak. Bila kita mau mempelajari bahan dan cara pembuatannya maka itu akan sangat mudah,” jelasnya.

Dalam workshop ini, panitia telah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan para peserta. Sehingga peserta bisa mengikuti langkah-langkah pembuatan buket dan hena pengantin yang dipandu oleh pemateri. (Faqih/LINES Indragiri Hulu).

The post Workshop Pembuatan Buket dan Tata Rias, LDII Riau Siapkan Entrepreneur Muda appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/workshop-pembuatan-buket-dan-tata-rias-ldii-riau-siapkan-entrepreneur-muda/

built with : https://erahajj.co.id