Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, LDII Dorong Lumbung Pangan Wilayah Perbatasan

Kategori : LDII News, Berita Daerah, Ditulis pada : 18 Oktober 2021, 03:31:33

Pontianak (17/10). Ketua DPP LDII Bidang Pengabdian Masyarakat, Prof. Rubiyo mengungkapkan perbaikan infrastruktur di wilayah perbatasan Kalimantan Barat yang dilakukan pemerintah dinilai telah memberikan kemudahan dalam distribusi pangan dan akses layanan dasar. Untuk itu, strategis jika dikembangkan menjadi sentra produksi pangan.

“Wilayah perbatasan Kalbar, selain memiliki lahan yang cukup luas, juga rata-rata di perbatasan mengalami defisit pangan,” ujarnya, Minggu (17/10).

LDII mendorong pengembangan Lumbung Pangan Wilayah Perbatasan (LPWP) yang diarahkan pada peningkatan kapasitas produksi untuk pemenuhan kebutuhan wilayah setempat dan kelebihannya dapat diekspor ke negara tetangga.

Menurut Guru Besar di Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian ini, pembangunan wilayah perbatasan berorientasi ekspor diharapkan dapat mengangkat citra wilayah perbatasan.

“Jika kebijakan ini dapat diwujudkan, maka semakin mengangkat citra perbatasan serta sebagai langkah strategis, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang sekaligus mengurangi kesenjangan kesejahteraan antar wilayah,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, dengan pengembangan LPWP, dapat memberikan manfaat berupa semakin stabilnya ketahanan pangan, tumbuh dan berkembangnya investasi ekspor pangan, serta berkembangnya kegiatan sosial dan ekonomi di wilayah perbatasan.

“Dengan besarnya manfaat yang akan diraih, maka kondisi wilayah perbatasan yang unik dengan permasalahan pengembangan yang cukup kompleks memerlukan dukungan inovasi dan kebijakan khusus, salah satunya LPWP,” sarannya.

Pengembangan LPWP perlu didukung oleh pengembangan model atau sistem usaha pertanian yang bersifat spesifik wilayah mengingat adanya keragaman kondisi wilayah, baik bio-fisik lahan maupun sosial budaya dan ekonomi masyarakatnya.

“Diharapkan dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi produksi dan daya saing hasil pangan di wilayah perbatasan,” jelasnya.

Sependapat dengan Rubiyo, Ketua DPW LDII Kalbar Susanto mengungkapkan pemerintah telah memberikan perhatian melalui pembangunan infrastruktur di wilayah perbatasan, sehingga nilainya perlu ditambah dengan dijadikan lumbung pangan. Melalui pendampingan beberapa guru besar di bidang pemuliaan tanaman, LDII Kalbar akan meningkatkan pengabdian di bidang pangan.

“Muswil yang baru saja selesai memberi amanah untuk memberikan kontribusi berkelanjutan LDII di bidang pangan. Jadi koordinasi dan kerjasama dengan pemerintah daerah sangat diperlukan,” ujar Susanto.

The post Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, LDII Dorong Lumbung Pangan Wilayah Perbatasan appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/tingkatkan-kesejahteraan-masyarakat-ldii-dorong-lumbung-pangan-wilayah-perbatasan/

built with : https://erahajj.co.id