Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

World Clean Up Day, Ketum LDII Ajak Pilah Sampah dari Rumah

Kategori : LDII News, Nasional, Ditulis pada : 20 September 2021, 00:06:56

Jakarta (20/9). Memperingati World Cleanup Day, Departemen Litbang, IPTEK, Sumber Daya Alam dan Lingkungan (LISDAL) DPP LDII mengadakan aksi pilah sampah melalui Gerakan World Cleanup Day Indonesia 2021 bersama warga LDII pada Minggu (19/9) kemarin.

Ketua Umum DPP LDII Ir. KH. Chriswanto Santoso, M.S.i., dalam sambutannya menyampaikan tentang keprihatinan terhadap sampah yang saat ini masih menjadi persoalan besar di dunia. Bahkan menurut data National Plastic Action Partnership, volume plastik sampah di indonesia pada tahun 2020 sudah mencapai 6,8 jt ton dan tumbuh sebesar 5% setiap tahunnya.

“Persoalan sampah itu seharusnya bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, karena sampah itu berawal dari kita masyarakat dan kita yang berada di ujung itu harus melakukan pemilahan secara bijak,” kata KH Chriswanto.

Bahkan pada tahun 2019 saja Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat timbunan sampah mencapai 67,8 juta ton pertahun yang terdiri dari sampah organik 57% plastik sebesar 15% dan kertas 11 % sedangkan lainnya sekitar 17%.

“Tentu kita ingin menjaga lingkungan ini jauh lebih baik, maka kami mengajak lagi dalam rangka hari bersih bersih sampah di dunia untuk mulai melakukan pemilahan sampah dengan benar, bukan hanya membersihkan dunia, insyaallah ini bisa juga menjadi penopang ekonomi warga.” imbuhnya.

Maka, untuk mendorong agar lembaga masyarakat dan komunitas dapat melakukan gerakan di bidang lingkungan hidup dan kehutanan, LDII telah meluncurkan Kader Gemilang sebagai pengelola lingkungan hidup dan gerakan pengelolaan sampah rumah tangga dan pesantren.

“Saya berharap LDII sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan sosial tentu harus saling membantu dalam hal ini, karena sampah yang tidak dikelola dengan baik bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan,” ungkapnya.

Kegiatan webinar itu juga turut mengundang Direktur Pengelolaan Sampah, Dirjen PSLB3, Dr. Ir. Novrizal Tahar IPM, Ketua Pemuliaan Lingkungan dan Sumber Daya Alam MUI Dr. Ir. Hayu S. Prabowo, serta Ketua World Cleanup Day Indonesia, Agustina Iskandar sebagai pembicara. (Dita/Lines)

The post World Clean Up Day, Ketum LDII Ajak Pilah Sampah dari Rumah appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/world-clean-up-day-ketum-ldii-ajak-pilah-sampah-dari-rumah/

built with : https://erahajj.co.id