Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Pramuka SPN Kota Depok Gelar Arung Edukasi Gemilang Untuk Bersih Sungai Ciliwung

Kategori : Nuansa Online, Berita Kegiatan, Ditulis pada : 13 September 2021, 07:18:14

DEPOK – Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Sekawan Persada Nusantata (SPN) Kota Depok bersama DPD LDII Kota Depok dan kader Gemilang (Generasi Muda Indonesia Bela Lingkungan) menggelar aksi membersihkan Sungai Ciliwung dan menaman pohon di bantaran sungai Ciliwung, Sabtu (11/9/2021).

Sako Sekawan Persada Nusantata (SPN) Kota Depok merupakan binaan dari DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Depok dan program aksi bersih sungai ini merupakan program bagi generasi muda LDII untuk membantu mengatasi masalah lingkungan hidup

Kegiatan yang bekerjasama dengan Yayasan Sahabat Ciliwung itu berhasil memungut puluhan karung sampah anorganik kemudian dikumpulkan di pinggiran sungai Ciliwung untuk kemudian diserahkan kepada unit pengolahan sampah terdekat.

Andalan Cabang Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Depok, Kak Diki Wahyu menjelaskan, aksi ini dilakukan untuk mengajak sekaligus mengkampanyekan agar masyarakat peduli terhadap sungai, karena pencemaran sungai semakin marak terjadi saat ini, akibat kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya termasuk membuang sampah plastik yang menjadi momok bagi bumi kita.

“Ini tentu menjadi masalah serius bagi kita semua karena dampaknya dapat menyebabkan banjir dan masalah lingkungan hidup lainnya,” ucap Kak Diki

Ia mengatakan selain berusaha mengajak masyarakat untuk peduli sungai dan lingkungan, kegiatan ini juga mengajarkan kepada anggota Gerakan Pramuka untuk selalu peduli pada lingkungan hidup.

Aksi bersih sungai Ciliwung dimulai dari Jembatan Panus sampai dengan jembatan Jl. Juanda itu berhasil mengumpulkan puluhan karung sampah anorganik yang ada di bantaran sungai.

“Jaga, pelihara dan lindungi lingkungan kita secara berkelanjutan agar tetap lestari”.

The post Pramuka SPN Kota Depok Gelar Arung Edukasi Gemilang Untuk Bersih Sungai Ciliwung appeared first on Nuansa Persada.


Sumber berita : https://nuansaonline.net/pramuka-spn-kota-depok-gelar-arung-edukasi-gemilang-untuk-bersih-sungai-ciliwung/

built with : https://erahajj.co.id