Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Vaksinasi 3 Juta Santri Jawa Barat, Dua Pesantren Binaan LDII Jadi Lokasi Kick Off

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 18 Agustus 2021, 02:48:07

Bandung (14/8). Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPW LDII) Jawa Barat turut menyukseskan program ‘3 Juta Santri Jawa Barat Siap Divaksin’, dimana dua pondok pesantren (Ponpes) binaan LDII mendapatkan kehormatan sebagai tempat kegiatan kick off program tersebut, yakni Ponpes Nurul Iman, Kota Bogor, dan Ponpes Luhur Al Kautsar, Kota Cirebon, Sabtu (14/08/2021).

Hadir di Ponpes Nurul Iman, Kota Bogor, Kepala Kementrian Agama Kota Bogor Ramlan Rustandi S.Ag., Ketua DPD LDII Kota Bogor Dr. H. Radjab Tampubolon, Kabag Kesra Setda Kota Bogor Asep Kartiwa, Pimpinan Ponpes Nurul Iman KH. Rudi Abdillah, beserta guru dan para santri.

Sementara, hadir di Ponpes Luhur Al Kautsar, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Cirebon Dr. Moh Ahsan, M.Ag., Ketua Forum Pondok Pesantren Kota Cirebon KH. Mustofa Rajid, Ketua DPD LDII Kota Cirebon H. Himawan Sutanto, Pimpinan Ponpes Luhur Al Kautsar H. Joko Susanto dan H. Pipin Taufikin beserta guru dan para santri.

Acara ini juga dihadiri secara daring oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri, Kabintaldam III Siliwangi Kol Inf Yogi Gunawan, Kakanwil Kemenag Jabar H. Adib, MUI Jabar, para Walikota/Bupati se-Jabar, pimpinan DPRD Kota/Kabupaten se-Jabar, para pimpinan pondok pesantren (ponpes) dan santri se-Jabar, Kakankemenag kota/kabupaten se-Jabar, dan pengurus MUI kota/kabupaten se-Jabar.

Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Kanwil Kemenag Jabar ini. Apalagi kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan banyak pihak, yakni pemprov, pemda, TNI-Polri, dan ponpes. Hal in sesuai dengan program pemerintah yang menginginkan percepatan pelaksanaan vaksin.

“Target pelaksanaan vaksinasi pemerintah saat ini sebanyak dua juta orang per hari. Vaksinasi di lingkungan ponpes ini dampaknya bukan hanya ulama dan santri saja, namun juga ke ekosistemnya. Sehingga jika ponpes divaksin, maka ekosistemnya juga akan terbantu,” urainya.

Menurut Yaqut, santri merupakan calon pemimpin dan penerus ulama serta tulang punggung bangsa, sehingga mendapat prioritas untuk mendapatkan vaksin, agar mendapat kekebalan tubuh. Vaksinasi ini merupakan penjabaran dari nilai agama yaitu menjaga karunia hidup, menjaga keberlangsungan kehidupan, dan merupakan langkah yang mulia supaya bisa mengagungkan asma Allah.

“Vaksinasi ini sejalan dengan spirit agama, yakni menjaga keberlangsungan hidup, supaya menjaga jiwa manusia. Kalangan ponpes diimbau untuk menyukseskan dengan pro aktif mendatangi pusat-pusat vaksinasi dan memberikan pencerahan mengenai vaksinasi. Sebab masih ada masyarakat yang menolak vaksinasi karena ketidaktahuannya,” paparnya.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, saat ini kedaruratan Covid-19 sudah turun karena kerjasama seluruh pihak. Sebelumnya, saat puncak Covid-19, rumah sakit penuh sampai parkiran, sehingga tidak bisa menampung semua pasien.

“Tingkat kematian Jabar saat ini 1,6%, sementara nasional 2,8%. Saat puncak, pasien yang dirawat jumlahnya 120.000 orang, sekarang tinggal 60.000 orang. Ketika kedaruratan ini sudah terlewati, maka kita tetap produktif, namun dengan beradaptasi. Jangan kalah, patah, lemah dengan Covid-19. Namun dengan ilmu, yakni dengan prokes 5M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi pergerakan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Emil panggilan akrab Ridwan Kamil melanjutkan, ada dua upaya yang harus dilakukan setelah kedaruratan, yakni melaksanakan protokol kesehatan dan vaksinasi. Ia mengibaratkan vaksin sebagai payung, sehingga tidak membuat basah kuyup, namun kecipratan sedikit basah. Masih ada yang kena, namun kematiannya rendah.

“Dari pantauan kami, daerah yang vaksinasinya tinggi, tingkat kematiannya rendah. Daerah yang vaksinasinya rendah, tingkat kematiannya tinggi. Maka mari yang belum vaksin supaya segera divaksin,” imbuhnya.

Penduduk Jabar, jelasnya, sebanyak 50 juta orang. Namun volume vaksin yang diberikan jumlahnya sama seperti provinsi yang penduduknya 10 juta orang. Jabar membutuhkan 15 juta vaksin per bulan untuk target 37 juta jiwa, termasuk 3 juta santri.

“Target presiden, vaksinasi selesai Desember 2021, Jabar juga ingin cepat menyelesaikan vaksinasi di seluruh wilayah ini. Kecepatan vaksin dulu 50 ribu per hari, sekarang jadi 150 ribu per hari. Namun butuh 400 ribu per hari agar penduduk Jabar tervaksin. Mari kita sukseskan agar kegiatan belajar mengajar di ponpes bisa normal lagi, dengan cara beradaptasi,” urainya.

Sementara Wakil Sekretaris DPW LDII Provinsi Jawa Barat, Fadel Abrori menambahkan, acara ini merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah dalam penanganan pencegahan penularan Covid-19, khususnya di lingkungan ponpes.

“LDII selalu mendukung dan menyukseskan program-program pemerintah, termasuk dalam hal ini program 3 juta santri Jabar siap divaksin. Sejauh ini sebagian warga dan simpatisan LDII Bogor sudah divaksin, bahkan ada beberapa santri dan guru di ponpes-ponpes binaan LDII yang sudah divaksin tahap kedua,” urainya.

Fadel menambahkan, program vaksinasi telah dilaksanakan DPP LDII bekerjasama dengan TNI-Polri dan Dinkes Prov. Jakarta di Ponpes Minhajurrosyidin, Jakarta Timur. Program yang dilaksanakan sejak 14 Juni 2021 ini telah memvaksin kepada 1.000 orang per hari untuk warga LDII dan masyarakat sekitar. Hingga kini tercatat sekitar 30.000 orang telah divaksin. Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dan dikunjungi langsung Menteri Kesehatan, Panglima TNI dan Kapolri.

“Beranjak dari kegiatan tersebut, DPP menginstruksikan agar setiap DPW atau setingkat provinsi dan DPD atau setingkat kota/kabupaten melaksanakan vaksinasi bagi warga dan simpatisan LDII. Kami sudah mensosialisasikan mengenai vaksinasi ini kepada warga. Alhamdulillah kegiatan ini telah dilaksanakan di PC atau setingkat kecamatan, dan PAC atau setingkat kelurahan/desa. Sebagian besar warga LDII sudah divaksin, sisa sedikit yang belum divaksin,” pungkasnya.

The post Vaksinasi 3 Juta Santri Jawa Barat, Dua Pesantren Binaan LDII Jadi Lokasi Kick Off appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/vaksinasi-3-juta-santri-jawa-barat-dua-pesantren-binaan-ldii-jadi-lokasi-kick-off/

built with : https://erahajj.co.id