Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Kepala Kemenag Tala Ikuti Pengajian LDII, Sebut LDII Turut Jaga Kerukunan Umat Beragama

Kategori : Nuansa Online, Nasional, Ditulis pada : 16 Maret 2021, 10:57:09

TANAH LAUT (16/3). Kepala Kantor Kementerian Agama Tala HM Rusdi Hilmi mengikuti pengajian rutin LDII Kab. Tanah Laut yang diadakan secara daring dan berpusat di studio utama DPD LDII Tala di Jalan Mufakat, Kecamatan Pelaihari. Pengajian tersebut diikuti oleh 15 pimpinan anak cabang yang ada di Tala pada Selasa (9/3).

Dalam pembukaannya Ketua DPD LDII Tanah Laut, Anton Kuswoyo mengatakan bahwa pengajian ini sudah rutin dilaksanakan setiap bulannya. “Pengajian umum digelar sebulan sekali setiap hari Senin pada minggu kedua awal bulan. Dimulai pada pukul 20.30 Wita hingga 22.00 Wita,” ujarnya.

Sebelum adanya pandemi, pengajian umum diselenggarakan secara terpusat di Masjid Sabilar Rosyad Angsau, jadi seluruh warga LDII se-Kabupaten Tala berkumpul di masjid tersebut. “Namun sejak pandemi covid-19, pengajian dilakukan secara daring dan tersebar di 15 tempat, hal ini untuk menghindari kerumunan dalam jumlah banyak,” jelas Anton.

Dalam tausiahnya, Kepala Kemenag Tala HM Rusdi Hilmi menyampaikan pentingnya kerukunan umat beragama maupun antarumat beragama. “Kerukunan akan terjadi jika menerapkan toleransi, saling menghargai dalam perbedaan, dan tidak saling menyalahkan pihak lain,” ujarnya.

Rusdi juga menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan pengajian yang diselenggarakan DPD LDII Tala. Termasuk kiprah LDII Tala selama ini. “LDII Tala sudah berkontribusi dalam menjaga kerukunan antar umat beragama. Hal ini juga karena Ketua DPD LDII Tala merupakan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tala,” kata Rusdi.

Ditegaskannya, hakikat hidup di dunia adalah beribadah kepada Allah SWT dan harus selalu niat karena Allah. Ibadah tidak hanya terbatas pada sholat, mengaji, atau melaksanakan kegiatan keagamaan. “Lebih luas lagi, tiap aktivitas umat Islam juga bernilai ibadah jika diniatkan karena Allah. Misalnya bekerja mencari rezeki, tapi disertai dengan niat karena Allah, itu juga merupakan ibadah,” tandas Rusdi. (Banjarmasinpost.co.id/roy/anton/d86)

 

Oleh: Rully Sapujagad (contributor) / olive (editor)

The post Kepala Kemenag Tala Ikuti Pengajian LDII, Sebut LDII Turut Jaga Kerukunan Umat Beragama appeared first on NuansaOnline.


Sumber berita : https://nuansaonline.net/kepala-kemenag-tala-ikuti-pengajian-ldii-sebut-ldii-turut-jaga-kerukunan-umat-beragama/

built with : https://erahajj.co.id