Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Kontribusi Ormas Meningkat, LDII Jabar Butuh Media

Kategori : LDII News, Headlines, Ditulis pada : 15 Maret 2021, 23:42:21

Bandung (14/3). DPW LDII Provinsi Jawa Barat (Jabar) bekerja sama dengan Pengprov Senkom Mitra Polri Provinsi Jawa Barat menghelat pelatihan jurnalistik tingkat lanjut. Ketua DPW LDII Jabar Dicky Harun ingin Karya, Komunikasi, dan Kontribusi (3K) LDII Jabar bisa tersampaikan lewat menulis dan membuat berita televisi.

Pelatihan Jurnalistik ini menghadirkan pemateri Ketua Departemn Komunikasi Informasi dan Media (KIM) DPP LDII Ludhy Cahyana dan kru LDII News Network (LINES) DPP LDII Nurdiyanto Khairurrahman, dan pewarta foto Fauzan Abdul Syukur.

Pelatihan tersebut dihelat dalam suasana pandemi, sehingga dilaksanakan pada 14 Maret 2021 secara daring dan luring, dengan studio utama di Gedung Sekretariat DPW LDII Jawa Barat, Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Pelatihan diikuti 248 peserta dari 68 titik dari 27 DPD LDII se-Provinsi Jawa Barat.

Dalam pembukaan, Dicky Harun berharap setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini para peserta yang merupakan pengurus organisasi dapat menyajikan berita dengan baik dan berkualitas untuk kebutuhan memberikan informasi kepada para pihak berkepentingan.

Diakui Dicky Harun, pandemi Covid-19 yang belum usai tidak menghalangi kontribusi LDII Jabar khususnya kepada masyarakat di provinsi tersebut, “Persoalannya, banyak kegiatan LDII Jabar di tingkat DPD yang bersentuhan langsung dengan masyarakat kurang terpublikasikan dengan baik,” ujarnya.

Contohnya, ketika terjadi banjir besar dan tanah longsor di Garut dan Sumedang Januari lalu (10/1), warga LDII Jabar bersama Senkom Jabar turut memberikan bantuan sosial dan penangan bencana, “3K berupa Karya, Kontribusi, Komunikasi bisa di komunikasikan lewat foto dan video dan sekarang hal itu menjadi suatu keharusan. Kegiatan banyak, hanya saja bagaimana cara mengemas dan mendokumentasikan kegiatan agar nyaman dan enak disajikan. Saya harap kabupaten kota mengirim laporan kegiatan tiap bulan,” ujarnya.

Kepada peserta, Dicky Harun mengingatkan, menulis jurnalistik itu ada ilmunya dan jangan dianggap ringan. Di tingkat DPW sendiri, Dicky Harun menerima keluhan pengurus orgraniasi dari DPD-DPD yang kurang cakap menyajikan berita dengan baik, “Untuk itu butuh pelatihan, skill dan kemampuan yang akan dilatih sekarang ini,” imbuhnya.

“Kami sudah memulai pelatihan jurnalistik sejak tahun 2017 dan kali ini perlu ada update materi. Penulisannya seperti yang sekarang dijelaskan, untuk memberikan edukasi dan informasi yang baik untuk masyarakat,”

DPW LDII Jabar sudah mengadakan pelatihan jurnalistik pada 2017 lalu, khusus untuk pengurus DPW. Maka sesuai dengan tema pelatihan “Jurnalisme Cepat, Akurat, Positif dan Berimbang” pelatihan kali sangat menekankan peningkatan kapasitas pengurus organisasi ditingkat DPD sampai PAC.

Salah satu pemateri Ludhy Cahyana mengatakan pelatihan jurnalistik yang digelar DPW LDII Jawa Barat dapat dikatakan sukses, “Dengan parameter partisipasi peserta yang aktif, dan saat praktik mampu menulis berita dengan struktur. meskipun dari tanda baca atau kaidah Bahasa Indonesia perlu diperbaiki,” ungkap Ludy Cahyana.

Ia juga memberikan motivasi kepada peserta agar tetap semangat dalam beramal saleh menyiarkan kebaikan LDII. Jangan mau kalah dengan rekan-rekan ormas Islam lain yang telah memiliki stasiun televisi sendiri, “3K penting, bahkan rekan-rekan ormas lain punya kantor sendiri. Dengan Pendanaan 50 persen lebih dilakukan secara mandiri, mereka mencari dana sendiri sehingga bisa membentuk stasiun televisi sendiri. Manfaatkan media sosial seperti Youtube untuk kemandirian kita, yang memungkinkan bisa menjadi mata pencarian sambil beramal saleh,” ujarnya.

Menurut Ludhy Cahyana, melembagakan LINES sebagai kelompok kerja (Pokja) di dalam DPW dan DPD LDII sangat penting. Dengan adanya pokja tersebut, kegiatan dan kontribusi LDII di tengah-tengah masyarakat bisa terpublikasikan, dan bisa menjadi sumber informasi bagi pemerintah, masyarakat, tokoh agama, hingga akademisi. (Khoir/LINES)


Sumber berita : https://ldii.or.id/kontribusi-ormas-meningkat-ldii-jabar-butuh-media/

built with : https://erahajj.co.id