Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

FKUB Inhu: Ormas Harus Bisa Redam Konflik Agama

Kategori : LDII News, Berita Daerah, Ditulis pada : 08 Maret 2021, 01:00:20

Pematang Reba (8/3). Pengurus harian DPD LDII Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), ketua beserta sekretaris Adang Sridarta dan Muhammad Sholehan menghadiri acara “Pertemuan dan Pembinaan Organisasi Lintas Agama”, yang diselenggarakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Indragiri Hulu. Acara tersebut digelar di Auditorium H. Yopi Arianto lantai IV Kantor Bupati Indragiri Hulu, Rabu (3/3).

Acara dibuka oleh Plh. Bupati Indragiri Hulu, yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Erlina Wahyuningsih, dalam sambutannya, ia mengatakan agama tidak jarang dijadikan alat untuk suatu kepentingan, sehingga kerap menimbulkan konflik di dalam masyarakat. Untuk itu masyarakat harus meningkatkan kerukunan, kekompakan, persatuan, dan kesatuan. Agar kehidupan beragama berjalan dengan aman dan tertib.

Hadir sebagai narasumber pada acara tersebut antara lain Ketua FKUB Kabupaten Indragiri Hulu H. Lasmi Ismail, Kapolres Indragiri Hulu yang diwakili Kabag Ops Polres Indragiri Hulu Kompol Suratman, dan Kepala Kemenag Kabupaten Indragiri Hulu yang diwakili Kepala Seksi PAIS Kemenag Indragiri Hulu H. Rajuki Ridwan, MA.

Ketua FKUB Lasmi Ismail menyampaikan adanya lembaga dan organisasi keagamaan diharapkan memiliki fungsi, salah satunya untuk membantu meredam konflik bernuansa keagamaan. Dan saya berharap juga lembaga keagamaan dapat sebagai penyalur kegiatan, pengembangan dan pembinaan yang diyakini mampu membimbing anggotanya yang rukun dan damai, tidak radikalisme.

Pemerintah memiliki peran untuk memantau dan membina lembaga-lembaga tersebut agara tidak menyimpang dan berjalan sesuai fungsinya, sebagai kontrol sosial dan solidaritas di tengah masyarakat yang majemuk.


Sumber berita : https://ldii.or.id/fkub-inhu-ormas-harus-bisa-redam-konflik-agama/

built with : https://erahajj.co.id