Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Direktur APK Bappenas: Keluarga Merupakan Isu Penting Pembangunan Nasional

Kategori : LDII News, Headlines, Ditulis pada : 01 Maret 2021, 12:59:29

Jakarta (28/02). DPP LDII menghelat webinar secara daring bertajuk “Peran Agama dalam Ketahanan Keluarga di Masa Pandemi” salah satunya berbicara tentang prinsip pembangunan inklusif yang menjangkau semua elemen masyarakat pada Sabtu (27/2) kemarin.

Direktur Agama, Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas Amich Al Humami yang menjadi salah satu pembicara berpendapat, pembangunan yang menjangkau semua elemen masyarakat ini akan menghindari diskriminasi. 

Salah satu yang menjadi energi pendorong dalam merealisasikan tenaga pembangunan adalah agama. “Poin terpenting karena agama menjadi sumber nilai, dasar etika dan moral yang memandu bangsa dalam membangun tatanan kehidupan yang adil, damai, dan maslahat,” jelas Amich.

Mengacu pada UUD 1945 yakni menciptakan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan berpartisipasi dalam perdamaian dunia. Ia juga mengatakan, dukungan masyarakat, pemuka agama, dan partisipasi ormas seperti LDII adalah penting dan strategis dalam pembangunan nasional.

“Karenanya kami selalu memohon kepada pemuka agama, juga peran ormas keagamaan seperti LDII dalam melaksanakan agenda pembangunan untuk mewujudkan bangsa yang bermartabat juga menekankan pada pendidikan akhlak sebab itu adalah tugas kita semua,” jelasnya.

Menurutnya, karakter bisa dibangun melalui pendidikan agama. Karakter atau akhlak adalah pondasi bagi sebuah bangsa. Jika landasan moralitas dan akhlak suatu bangsa hilang, maka runtuhlah bangunan negara yang bersangkutan.

Pengamalan dan nilai-nilai agama yang perlu ditanam sebagai sarana pembinaan akhlak mulia diharapkan mulai terbangun dari penguatan peran keluarga. Dari keluarga-lah adanya pendekatan, bimbingan, pengasuhan, dan perlindungan membawa pembentukan karakter anak.

Ia menjelaskan isu-isu penting pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) secara garis besar antara lain kekerasan dalam keluarga, perdagangan manusia, narkoba, pernikahan usia dini, yang menjadi pengaruh bagi kualitas kehidupan berkeluarga.

Dalam hal penguatan ketahanan keluarga dalam RPJMN juga merumuskan Indeks Pembangunan Keluarga yang memiliki tiga dimensi ukuran keberhasilan pembangunan keluarga yaitu ketentraman, kemandirian, dan kebahagiaan. 

Keluarga merupakan awal dari gagasan besar Presiden Jokowi mengenai Revolusi Mental. Semua elemen pada keluarga harus lengkap dan dijalankan dengan baik oleh orangtua, yang akhirnya menjadi cikal bakal anggota masyarakat berkualitas. (Nisa/LINES)


Sumber berita : https://ldii.or.id/direktur-apk-bappenas-keluarga-merupakan-isu-penting-pembangunan-nasional/

built with : https://erahajj.co.id