Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Ketum MUI Kubu Raya Harap LDII Perkuat Pembinaan Umat

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 11 Juli 2023, 06:43:57

Kubu Raya (11/7). Ketua Umum MUI Kubu Raya, KH Zamroni Hasan mengharapkan LDII memperkuat pembinaan umat, karena tantangan semakin berat seiring perkembangan zaman yang semakin modern.

“Saat ini umat mesti terus dibimbing dan dibina agar moralitas umat tidak semakin merosot akibat perkembangan teknologi. Dan saya harap LDII bisa memperkuat pembinaan itu,” ujarnya saat memberikan tausiyah dalam pengajian rutin yang digelar DPD LDII Kubu Raya, di Masjid Baitul Haq Desa Limbung, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Minggu (9/7/2023).

Semakin banyak lembaga yang berperan, maka kemampuan spiritual umat mampu terjaga. “Nilai-nilai keagamaan harus semakin ditanamkan, maka di sinilah salah satu langkah meningkatkan kualitas keimanan umat,” tegas dia.

Diakui Zamroni, dalam menjalankan fungsi dakwah setiap lembaga memiliki metode masing-masing, tetapi punya tujuan yang sama. “Hal yang wajar dalam menjalankan dakwahnya setiap lembaga memiliki metode yang sama. Sepanjang yang disampaikan tetap bersumber dari Alquran dan sunnah tidak perlu diperdebatkan, apalagi outputnya sama yakni membina spiritual dan moralitas umat,” tambahnya.

Dalam kaidah ushuliyah bagi umat Islam tidak lagi ada ruang terjadinya perbedaan karena ini sumber yang mendasar. “MUI memahami jika ada perbedaan ditingkat furu’iyah. Namun selagi masih menjadi umat Islam tidak ada lagi perbedaan tatkala berbicara kaidah ushuliyah, karena ini yang pokok dan sangat mendasar,” ujar dia.

Karena pemahaman ini penting agar tidak lagi timbul kecurigaan atau mudah memberikan label kepada pihak lain. “Maka setiap saya diundang LDII, insya Allah akan selalu hadir, karena saya memahami perbedaan yang ada di level furuiyah bukan ushuliyah,” jelasnya.

Sedangkan, Ketua DPD LDII Kubu Raya, Marsono, menjelaskan kegiatan pengajian rutin ini dihelat sebagai komitmen LDII dalam membangun kualitas peradaban umat. “Kami punya target yang hendak dicapai dalam pembinaan keumatan yakni menjadi SDM profesional religius. Maka pola-pola pembinaan secara masif kami lakukan,” tegasnya.

Adanya harapan dari Ketua Umum MUI Kubu Raya, agar LDII semakin memperkuat pembinaan umat, dirinya mengamini dan akan terus membuka diri dan bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain.

“Beliau (Ketua MUI) ini layaknya guru kami, sehingga harapan dan nasehatnya akan ditindaklanjuti dengan kegiatan dan program keumatan. Bahkan LDII juga membuka diri dengan bekerjasama dengan ormas dan lembaga lain,” tambah Marsono.

The post Ketum MUI Kubu Raya Harap LDII Perkuat Pembinaan Umat appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ketum-mui-kubu-raya-harap-ldii-perkuat-pembinaan-umat/

built with : https://erahajj.co.id