Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Sulawesi Barat Gelar Muswil III, Siap Konsolidasi Atasi Masalah Kesehatan

Kategori : LDII News, Nasional, Ditulis pada : 19 Juni 2023, 05:21:31

Mamuju (19/6). Jelang Musyawarah Wilayah (Muswil) III di Grand Maleo Hotel & Convention, DPW LDII Sulawesi Barat menggelar konferensi pers yang juga dihadiri Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso, Minggu (18/6).

Chriswanto mengatakan, muswil tersebut nantinya akan memilih ketua dan kepengurusan baru sekaligus menjadi evaluasi peningkatan kinerja. Terkait hal itu juga, menurutnya, Provinsi Sulbar memiliki permasalahan kritis yang harus segera dicarikan solusinya. “Muswil mempertegas program kerja DPP LDII yang diturunkan ke DPW LDII Sulbar untuk mengatasi permasalahan melalui Delapan Bidang Pengabdian LDII,” katanya.

Delapan bidang itu yakni, wawasan kebangsaan, dakwah Islam, pendidikan umum, ekonomi syariah, pertanian dan lingkungan hidup, kesehatan dan pengobatan herbal, informasi teknologi, dan energi baru terbarukan.

Sulbar memiliki masalah stunting peringkat kedua di Indonesia dengan nilai 35 persen setelah NTT dengan nilai 35,3 persen. Berdasarkan riset Studi Gizi Indonesia (SSGI) 2022, prevalensi stunting di Sulbar meningkat sebesar 1,2 persen dari tahun 2021 sebelumnya yang sebesar 33,8 persen. Penyebab utama adalah akses pangan masyarakat yang rendah dengan skor ‘Pola Pangan Harapan’ sebesar 74 persen dari skor ideal 100.

Faktor krisis berikutnya adalah kemiskinan Sulawesi Barat 11,92 persen menduduki urutan ke-11 dari 34 provinsi yang juga masuk sebagai kategori kemiskinan ekstrem di Indonesia. Di wilayah sulawesi sendiri, Sulbar berada di urutan ketiga setelah Gorontalo dan Sulawesi Tengah.

Selain itu, kondisi Anak Tidak Sekolah (ATS) usia 7-18 tahun di Sulbar juga tergolong tinggi. Berdasarkan data ATS tahun 2021, Kabupaten Polewali Mandar menjadi kabupaten tertinggi sebanyak 15.046 jiwa dari total se-Sulawesi Barat 44.493 jiwa. “Melihat permasalahan tersebut, kontribusi LDII melalui delapan bidang akan dibahas lebih lanjut saat muswil dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki Provinsi Sulbar,” ujarnya.

KH Chriswanto menambahkan, masih ada peluang pembangunan daerah berdasarkan pengembangan delapan kontribusi LDII itu. Seperti optimalisasi potensi sumber daya alam, khususnya sektor pertanian, perkebunan, perikanan dalam rangka pemenuhan logistik.

Selain itu, menyiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul, kompeten dan kompetitif serta peningkatan inovasi dan teknologi. “Mempercepat pengembangan jaringan transportasi laut dan udara di Sulawesi Barat dalam mendukung konektivitas wilayah, dan peningkatan akses jalan, baik jalan nasional, provinsi, kabupaten yang akan membuka akses ke sentra produksi, sentra industri dan distribusi ke terminal dan pelabuhan,” pungkasnya.

Muswil yang bertema “Membangun Sumberdaya Manusia Profesional Religius Menuju Sulawesi Barat Maju dan Malaqbi”, itu juga mengundang Pj Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakhrullah untuk membuka acara.

Selain itu, LDII Sulbar juga mengundang Ketua Umum MUI Sulawesi Barat, Kajati Sulawesi Barat, dan Kakanwil Kemenag Sulawesi Barat sebagai pemateri.

The post LDII Sulawesi Barat Gelar Muswil III, Siap Konsolidasi Atasi Masalah Kesehatan appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-sulawesi-barat-gelar-muswil-iii-siap-konsolidasi-atasi-masalah-kesehatan/

built with : https://erahajj.co.id