Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Mengenal Kecerdasan Buatan dan Pemanfaatannya dalam Keseharian

Kategori : LDII News, Iptek, Ditulis pada : 14 Juni 2023, 03:36:28

Kecerdasan buatan yang kerap kali dikenal sebagai Artificial Intelligence (AI) menjadi buah bibir warga dunia. AI seperti menegaskan khayalan sutradara film-film science-fiction, mengenai dunia yang diambil alih internet dan robot. Pasalnya, kecerdasan manusia juga dimiliki oleh mesin, sehingga mereka bisa berpikir otonom.

AI yang kerap dikaitkan dengan hal futuristik seperti robot dan kecanggihan teknologi telah memberikan perubahan dalam pola produktivitas manusia. Pro dan kontra merebak. Bahkan ada yang memikirkan, sejatinya AI bukanlah solusi, justru berdampak pada hilangnya lapangan kerja atau lenyapnya suatu profesi.

Manfaat Artificial Intelligence

Telah banyak contoh teknologi AI yang kerap dijumpai di sekitar kita, contohnya adalah Google Assistant, Siri dan Alexa yang berfungsi memberikan rokemndasi dan pemecahan solusi atas masalah-masalah ringan. Selain itu, terdapat teknologi yang AI pada aplikasi seperti Youtube, Instagram dan Facebook, yang dapat memberikan rekomendasi konten sesuai dengan keinginan dan minat kita.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari memaksimalkan penggunaan AI dalam kehidupan sehari-hari:

1. Meningkatkan Produktivitas

Dengan adanya AI yang dapat bekerja secara efisien dan cepat, tentunya dapat membantu manusia dalam melaksanakan pekerjaan dan produktivitasnya akan meningkat secara signifikan. Selain itu, kehadiran AI juga membuka peluang untuk mengotomatisasi tugas-tugas rutin dan repetitif, membebaskan waktu dan energi manusia untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih kompleks dan kreatif.

Implementasi AI dalam kehidupan sehari-hari berpotensi meningkatkan efisiensi, mengurangi kesalahan manusia, dan mengoptimalkan penggunaan sumberdaya yang ada. Hal ini juga dapat membuka jalan bagi terciptanya inovasi baru dan penemuan-penemuan yang dapat membawa perubahan positif dalam berbagai bidang, seperti kesehatan, transportasi, dan industri.

2. Cepat dan Efisien

Implementasi kecerdasan buatan dalam mempercepat dan meningkatkan efisiensi pekerjaan sehari-hari memiliki manfaat yang luar biasa. AI dapat melakukan tugas-tugas manusia dengan cepat dan akurat, membebaskan waktu berharga yang dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih penting.

Sebagai contoh, dalam bidang layanan pelanggan, chatbot AI dapat dengan cepat dan secara efisien merespons pertanyaan dan permintaan pelanggan, memberikan jawaban instan dan membantu mengurangi waktu menunggu pelanggan.

Secara keseluruhan, kehadiran AI dalam pekerjaan sehari-hari membawa manfaat yang signifikan, seperti percepatan proses, penghematan waktu dan peningkatan produktivitas. Sehingga kita dapat lebih berfokus pada hal kreatif dan melakukan pengambilan keputusan.

3. Membantu Meminimalkan Kesalahan Manusia

Implementasi kecerdasan buatan (AI) dalam pekerjaan sehari-hari memiliki manfaat yang signifikan dalam membantu meminimalkan kesalahan manusia. Manusia cenderung rentan terhadap kelelahan, kekurangan konsentrasi, atau kesalahan manusia yang tidak disengaja. Dalam hal ini, AI dapat berperan sebagai alat bantu yang dapat mengurangi risiko kesalahan tersebut.

Kehadiran AI dalam pekerjaan sehari-hari membawa manfaat yang signifikan dalam membantu menimalkan kesalahan manusia. Dengan analisis data yang canggih, pemrosesan informasi yang akurat, dan kemampuan tugas berulang yang konsisten.

AI dapat berperan sebagai alat bantu yang dapat mengurangi risiko kesalahan dan meningkatkan efisiensi pekerjaan. Namun, penting untuk diingat bahwa AI juga membutuhkan pengawasan manusia yang tepat, karena keputusan akhir dan tanggung jawab tetap ada di tangan manusia.

Seiring dengan perkembangan teknologi AI yang terus maju, harapannya adalah manusia dan AI dapat bekerja secara sinergis, saling melengkapi, dan menciptakan masa depan yang lebih cerah dan produktif. (Dzul/LINES)

The post Mengenal Kecerdasan Buatan dan Pemanfaatannya dalam Keseharian appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/mengenal-kecerdasan-buatan-dan-pemanfaatannya-dalam-keseharian/

built with : https://erahajj.co.id