Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Ponpes Wali Barokah Hadiri Apel Kebangsaan GP Ansor dan Deklarasi Bersih Narkoba

Kategori : LDII News, Nasional, Ditulis pada : 19 Maret 2023, 13:33:39

Kediri (19/3). Ponpes Wali Barokah Kota Kediri, menghadiri acara “Apel Kebangsaan dan Deklarasi Anti Narkoba”. Kegiatan yang diinisiasi oleh Kelurahan Burengan dan GP Ansor Kec. Pesantren ini dilaksanakan di Burengan Sport Center & Culinary (BSCC) Burengan, Jawa Timur, Minggu pagi (19/3).

Lurah Burengan Burengan Adi Sutrino mengatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi pihak kelurahan dengan Badan Narkotika Nasional (BNN), TNI, Polri, Ponpes Wali Barokah, Senkom MP, RT-RW, Karang Taruna, Takmir Masjid, Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK), GP Ansor, Banser, dan pemangku kepentingan terkait. Dengan dideklarasikannya Kelurahan Burengan Bersinar (Bersih dari Narkoba) dan Zero Miras, maka dia mentargetkan akhir tahun 2023 program tersebut bisa tercapai. “Maka upaya kami adalah menyosialisasikan program ini kepada warga masyarakat serta mengadakan lomba-lomba pada peringatan hari besar nasional yang akan datang,” kata Adi Sutrisno.

Ia juga menambahkan, sebagai wujud cinta tanah air, diri sendiri, keluarga, dan lingkungan dia mengimbau agar masyarakat menjauhi narkoba. “Karena narkoba adalah musuh kita bersama,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu Ketua GP Ansor PAC Pesantren Hartono dalam sambutannya, mengatakan apel kebangsaan ini diikuti ratusan peserta. Mereka berjanji turut serta memerangi narkoba demi mempertahankan citra Kelurahan Burengan yang sudah dikenal sebagai salah satu kelurahan/desa terbaik tingkat Jawa Timur. Hartono juga menyelipkan pesan politik, menjelang tahun 2024 masyarakat diimbau agar tidak mudah terpancing dengan isu-isu negatif. “Mari kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa, perangi upaya memecah belah keutuhan negara, bagi kita NKRI Harga Mati,” kata Hartono dengan lantang.

Menanggapi diadakannya Apel Kebangsaan, perwakilan Ponpes Wali Barokah, Rifa Sisbruari mengatakan, pihak pondok pesantren selalu mendukung berbagai program yang dijalankan oleh Pemerintah Kota dan Kelurahan Burengan. Beberapa kali Wali Barokah juga ikut terlibat dalam berbagai kegiatan, antara lain Bazar UMKM, Jalan Sehat peringatan HUT Kota Kediri, Bank Sampah BERSERI.

Bahkan Ponpes Wali Barokah dipilih oleh tim Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sebagai salah satu sumber data penilaian dalam lomba “Kampung Moderasi” Kota Kediri. “Penilaiannya mencakup tiga aspek, di antaranya toleransi, kerjasama dan kesetaraan,” kata Rifai.

Disamping itu, Kelurahan Burengan juga menjalin komunikasi dengan Senkom MP Kota Kediri. Kegiatan masyarakat di wilayah Burengan berjalan sukses juga tidak lepas dari peran serta SENKOM MP. “Beberapa waktu lalu kami ikut terlibat dalam pencegahan Covid-19, kunjungan Walikota & Tim Penilai Jawa Timur, pengaturan lalu lintas saat ada hajatan warga, serta kegiatan-kegiatan lainnya,” kata H.Agung Prasetyo selaku perwakilan SENKOM MP.

Di akhir acara, para tamu undangan diminta membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk komitmen bersama dalam Deklarasi Burengan Bersinar (Bersih dari Narkoba). (*Mazda)

The post Ponpes Wali Barokah Hadiri Apel Kebangsaan GP Ansor dan Deklarasi Bersih Narkoba appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ponpes-wali-barokah-hadiri-apel-kebangsaan-gp-ansor-dan-deklarasi-bersih-narkoba/

built with : https://erahajj.co.id