Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Kepala KUA Dukung Pengajian Pranikah LDII Purwoasri

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 26 September 2022, 05:47:19

Kediri (26/9). PC LDII Kecamatan Purwoasri menghelat pengajian pranikah dengan mengangkat tema ”Sempurnakan Separuh Agamamu dengan Menikah”. Acara tersebut dilaksanakan PC LDII Kecamatan Purwoasri bersama Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Purwoasri di Pondok Pesantren Blawe, Kediri, Jawa Timur, pada Minggu (18/9).

Perhelatan itu diikuti sekitar 400-an peserta yang terdiri dari remaja berusia 17 tahun, hingga bagi mereka yang belum menikah. Acara tersebut menghadirkan Kepala KUA Kecamatan Purwoasri, Aminudin.

Aminudin menjelaskan salah satu tugas KUA adalah pencatatan, dan pelaporan nikah. “Mestinya yang berkewajiban menikahkan adalah orang tua, KUA mewakili pemerintah hadir untuk memastikan kepastian hukum akibat dari pernikahan tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, siapa saja yang mau menikah, supaya mendaftarkan diri ke KUA. Nanti KUA akan mendampingi dan mencatatkan pernikahan tersebut apabila betul telah memenuhi rukun pernikahan,” ucap Kepala KUA Kecamatan Purwoasri, Aminudin.

Aminudin menuturkan dalam rumah tangga harmonis memerlukan pembinaan.
“Dengan mengikuti pembinaan nanti tahu ilmunya berumah tangga, sehingga tidak mudah cerai, mereka akan dibekali ilmu secara fiqih maupun ilmu dalam membina rumah tangga yang harmonis,” ucap Aminudin.

Dalam kesempatan tersebut, Aminudin mendukung dan mengapresiasi kegiatan pengajian pranikah. Ia mengungkapkan KUA Kecamatan Purwoasri memiliki delapan penyuluh dengan 12 fungsinya, termasuk bidang moderasi beragama.

Selaras dengan Aminudin, Ketua Dewan Penasihat DPD LDII Kabupaten Kediri, KH. Sunarto mendukung kolaborasi LDII Kecamatan Purwoasri bersama KUA Kecamatan Purwoasri.

“Pada pengajian pranikah ini peserta dibekali hukum nikah maupun aspek dukungan administrasi sehingga menjadi rujukan melakukan pernikahan dan berharap bisa ditingkatkan lagi dan lebih variatif,” ujar Sunarto.

Sunarto juga berharap bisa bekerja sama lagi dengan KUA Kecamatan Purwoasri karena dalam pemaparan tentang pernikahan perlu disampaikan untuk umum.

The post Kepala KUA Dukung Pengajian Pranikah LDII Purwoasri appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/kepala-kua-dukung-pengajian-pranikah-ldii-purwoasri/

built with : https://erahajj.co.id