Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Pj Bupati Bener Meriah Puji Warga LDII Bangun Ketahanan Pangan di Pekarangan Rumah

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 19 September 2022, 14:33:07

Bener Meriah (19/9). Kebutuhan pangan saat ini menjadi rentan di tengah peperangan Rusia dan Ukraina. Bahkan pembatasan ekspor yang terjadi saat ini, juga mempengaruhi ketersediaan pangan global. Kerawanan pangan juga menjadi perhatian warga LDII. Solusinya, dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Adalah pasangan Sayuti dan Lasiyem, warga LDII yang tinggal Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Aktivitas keduanya menarik perhatian Pj Bupati Bener Meriah, Haili Yoga. Ia mengapresiasi Sayuti dan Lasiyem yang terlibat langsung mendukung program ketahanan pangan nasional. “Terima kasih kepada nenek dan kakek telah menginspirasi kami. Meskipun berusia 70 tahun masih kuat, tetap berkarya, menanam jagung, buncis, kacang dan sayuran lainnya,” ungkapnya.

Dari pekarangan yang sempit, menurut Haili, tetap bisa dimanfaatkan berbagai sumber pangan dan kebutuhan keluarga. “Alternatif pertanian pekarangan saat ini sudah sangat bervariasi, dari yang hanya menanam cabai dalam pot hingga produksi komersial sayuran organik yang bernilai ekonomi,” ujarnya.

Tak hanya itu, Sayuti dan Lasiyem juga memanfaatkan perkarangan rumahnya untuk berternak. Hasil dari berternak mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan utamanya untuk tabungan haji mereka kelak.

Pengembangan pertanian pekarangan membantu memperkenalkan proses produksi pangan pada keluarga sejak dini. Sekaligus mendorong pengembangan sikap saling menghargai, kerja keras, menghargai proses, dan bertanggungjawab melalui berbagai aktivitas bertanam di pekarangan.

Menurut Haili, kedua pasangan lansia tersebut, pantas menjadi teladan. Di usia senja masih bekerja, dan hasilnya ditabung sebagai bekal berangkat ibadah haji ke tanah suci. “Sampaikan kepada kami cara hidup, cara bersedekah, sampai bisa berangkat haji dan umrah. Bisa beternak kambing dan ayam, cara menabung dan mengurus tanaman,” ucapnya.

Haili Yoga mendorong masyarakat di wilayahnya untuk memanfaatkan lahan kosong di halaman rumah masing-masing. “Sebagai bentuk dukungan program ketahanan pangan nasional,” ujarnya.

Harapannya, melalui program penanaman pohon, menjadi sumber penghasil oksigen, penyerap karbon dioksida dan penyimpan air tanah. Pepohonan dapat juga memberikan nilai tambah ekonomi melalui hasil panen yang didapat dalam bentuk buah-buahan.

The post Pj Bupati Bener Meriah Puji Warga LDII Bangun Ketahanan Pangan di Pekarangan Rumah appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/pj-bupati-bener-meriah-puji-warga-ldii-bangun-ketahanan-pangan-di-pekarangan-rumah/

built with : https://erahajj.co.id