Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Pekan Penghijauan LDII Sumenep 2022, Bentuk Kontribusi Pangan dan Lingkungan Hidup

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 09 Maret 2022, 11:44:40

Sumenep (9/3). Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kab. Sumenep menyelenggarakan kegiatan penanaman bibit pohon sebagai salah satu kontribusi LDII untuk bangsa (28/2).

LDII sebagai ormas keagamaan mempunyai tanggung jawab untuk terlibat aktif dalam proses pembangunan, bermitra dengan seluruh jajaran dan tingkatan pemerintahan.

Salah satunya mengenai ketahanan pangan dan lingkungan, melalui penanaman pohon dalam pekan penghijauan. Pekan Penghijauan LDII tahun 2022 ini dilakukan secara berjenjang, mulai DPP, DPW, DPD Kabupaten/Kota sampai PC dan PAC LDII seluruh Indonesia.

Jenis pohon yang akan ditanam dalam Pekan Penghijauan 2022 ini bervariasi, berupa tanaman buah-buahan, kayu dan bunga, berjumlah sekitar 3.00 bibit yang sudah dikarantina.

Bibit pohon tersebut didapatkan dari hasil kerja sama Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Brantas dengan DPW LDII Provinsi Jawa Timur. Kemudian, ditanam oleh pengurus DPD LDII Kab. Sumenep bersama warga dan masyarakat sekitar yang dipusatkan di Desa Kebundadap Timur, Kecamatan Saronggi, Kab. Sumenep.

Menurut Ketua LDII Kab. Sumenep, Musaheri bahwa pekan penghijauan ini, akan ditanam kurang lebih sebanyak 3.000 ribu pohon di titik yang sudah ditentukan, “Sebagai wujud kepedulian LDII terhadap pelestarian lingkungan guna membantu pemerintah, khususnya Pemerintah Desa Kebundadap Timur dalam pembangunan desa berkelanjutan (SDGs Desa) dan untuk mengakselarasi menuju Desa Mandiri,” ujarnya.

Ia juga menambahkan dengan program penanaman pohon ini pada saatnya menjadi sumber kehidupan, penghasil oksigen, penyerap karbon dioksida dan penyimpan air tanah. Pepohonan dapat juga memberikan nilai tambah ekonomi melalui hasil panen yang didapat dalam bentuk buah-buahan.

Penanaman bibit pohon itu diantara bibit buah dan tanaman lain yang menjadi sumber kehidupan. Foto: Kontributor Daerah.

Musaheri juga menambahkan, sebagai pembukaan pekan penghijauan memang dipusatkan di desa kebun dadap timur, sebab desa ini sudah sering berkolaborasi baik dengan LDII. Namun demikian, selama sepekan ini pihaknya akan menanam di 4 kecamatan, yaitu Kota, Manding, Dasuk dan Saronggi sebagai perolehan bibit terbanyak.

Kegiatan Pekan Penghijauan (Go Green) ini sudah dilakukan LDII sejak tahun 2007 kerja sama DPP LDII dengan MUI Jawa Timur sebagai kiprah Ormas Islam terhadap pembangunan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan positif ini dilakukan secara istiqomah seluruh Indonesia setiap tahun di semua tingkatan.

Kepala Desa Kebundadap Timur Rismawati menyampaikan rasa syukur dan terimakasih karena desanya ditunjuk oleh DPD LDII Kab. Sumenep sebagai lokasi gerakan menanam pohon. Ini sangat sejalan dengan apa yang sudah dilakukan, sebab kita sudah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat untuk menanam pohon mangrove. Di samping itu, program ini ada nilai manfaat dalam pencapaian Indeks Desa Membangun.

Ikut hadir dalam kegiatan ini, Unit Pelaksana Teknis Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (UPT. POPT) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Kepala Desa dan Perangkat Desa Kebundadap Timur, Ketua BPD, Babinsa dan Babinkamtibmas; Dewan penasehat dan pengurus DPD LDII Kab. Sumenep; Ketua PC LDII kecamatan Saronggi; Pengurus PAC LDII Desa Kebundadap Timur serta Panitia Pekan Penghijauan dan warga LDII yang hadir dalam acara ini. (RK/FS/LINES)

The post Pekan Penghijauan LDII Sumenep 2022, Bentuk Kontribusi Pangan dan Lingkungan Hidup appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/pekan-penghijauan-ldii-sumenep-2022-bentuk-kontribusi-pangan-dan-lingkungan-hidup/

built with : https://erahajj.co.id