Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

PC LDII Grogol Sukoharjo Gelar Seminar Financial Intelligence Berbasis Islam untuk Kelola Keuangan Rumah Tangga

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 01 Maret 2022, 09:04:31

Sukoharjo (1/3). Pimpinan Cabang (PC) LDII Kec. Grogol menggelar acara seminar dengan tema ‘Menuju Kecerdasan Finansial Keluarga Pasca Pandemi’ di Masjid Amanah Nampan, pada Senin (28/2) lalu. Hal ini dinilai karena pandemi telah mempengaruhi ekonomi masyarakat dan elemen paling kecil yaitu rumah tangga.

Ketua PC LDII Kecamatan Grogol, Ary Setyawan mengatakan, diselenggarakannya acara ini karena kondisi ekonomi rumah tangga akan berpengaruh terhadap kelancaran ibadah warganya.

“Bagaimanapun juga kondisi ekonomi rumah tangga akan berpengaruh terhadap kelancaran ibadah warga LDII secara individu. Untuk itu, PC LDII Grogol berkontribusi dalam mengelola keuangan rumah tangga. Sehingga tidak berdampak terhadap pelaksanaan ibadah masing-masing anggota keluarga,” ujar Ary.

Menurutnya, sasaran utama acara ini adalah ibu rumah tangga, yang sudah diprogramkan tahun lalu. “Sasaran dari kegiatan ini adalah ibu rumah tangga, kemudian acara hari ini sudah diprogramkam oleh PC LDII Kecamatan Grogol sejak tahun lalu. Alhamdulillah kami bisa melaksanakan di awal tahun ini,” tambahnya.

Dia merasa acara ini perlu diadakan untuk mengatasi keresahan warganya dalam hal finansial dan moralnya bisa terkontrol. “Secara luas hal ini akan mengatasi juga keresahan dalam masyarakat dan dampak pasca pandemi atau dampak lain yang mungkin terjadi. Dengan masih tertibnya warga beribadah maka kondisi moral masyarakat masih bisa terkontrol,” ujar Ary.

Acara ini diikuti perwakilan ibu rumah tangga PAC dan remaja putri usia menikah sebanyak 125 peserta. “Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan para ibu rumah tangga dan remaja putri usia menikah dari masing masing PAC. Diharapkan, nanti para peserta dapat sharing kepada para ibu rumah tangga di setiap PAC sehingga pesan dan ilmunya dapat dibarokahkan untuk semua warga LDII,” kata Ary.

Menurutnya, kegiatan ini akan mengundang Ormas Islam lain, namun karena masih diberlakukannya PPKM di Kecamatan Grogol maka kegiatan tersebut diikuti intern warga LDII. “Sebenarnya acara ini direncanakan untuk mengundang perwakilan dari Ormas Islam se-Kecamatan Grogol, namun karena masih PPKM sehingga acara ini khusus untuk warga LDII saja,” pungkasnya

Sementara itu, Antin Okfitasari yang kesehariannya sebagai konsultan pajak memaparkan tentang financial intelegency. “Bagaimana mengenal financial intelligence secara Islam, mengenal jenis income keluarga, mengenal pengeluaran keluarga. Bisa memulai pengelolaan keuangan keluarga dengan melakukan perencanaan keuangan keluarga, mencatat penghasilan dan pengeluaran keluarga,” lanjutnya.

Menurutnya, masyarakat dapat memetakan prioritas keuangan dengan memonitoring keuangan keluarga. Selain itu, juga dapat merencanakan pengeluaran baik jangka pendek maupun panjang.

Ia menerangkan, untuk menghadapi era globalisasi dan kemajuan teknologi, wanita perlu dibekali kemampuan yang mumpuni dalam bidang fintech. Ia menegaskan wanita harus cerdas, supaya ketahanan keluarga terjaga, terutama di masa pandemi. “Wanita sekarang harus cerdas keuangan, keberhasilan keuangan keluarga tergantung pada wanita. Ketahanan keluarga bisa tetap terjaga terlebih di masa pandemi,” ucapnya. (*Ramdanisyaif/FS LINES)

The post PC LDII Grogol Sukoharjo Gelar Seminar Financial Intelligence Berbasis Islam untuk Kelola Keuangan Rumah Tangga appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/pc-ldii-grogol-sukoharjo-gelar-seminar-financial-intelligence-berbasis-islam-untuk-kelola-keuangan-rumah-tangga/

built with : https://erahajj.co.id