Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Situbondo Ajak Remaja Belajar Berbisnis Sejak Dini

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 12 Januari 2022, 04:19:13

Jawa Timur (12/1). DPD LDII Kabupaten Situbondo, menggelar kegiatan Bina Kemandirian Generasi Penerus (Generus) di sejumlah tempat usaha saat liburan sekolah. Langkah tersebut untuk mempersiapkan dan mengembangkan generasi muda sebagai penerus bangsa dan pembangunan nasional pada Rabu (5/1).

Ketua PC LDII Kecamatan Mangaran, Ardian mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk membekali anak-anak remaja agar memiliki keterampilan dalam merintis usaha secara mandiri. Hal ini penting karena kelak, mereka akan menghadapi persaingan hidup yang sangat komplek dan tuntutan ekonomi. Maka kesejahteraan dan kemandirian ekonomi menjadi bagian yang utama.

“Ada 20 anak, usia SMP dan SMA mengikuti kegiatan yang dipandu langsung oleh narasumber yang bertindak sebagai pamong, yakni Wakasek Kesiswaan SMPN 1 Panji, H. Agus Puji Santosa. Liburan kali ini sangat baik, jika digunakan untuk melatih diri demi masa depan mereka,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, sejumlah pemuda dikirim ke tempat-tempat usaha. Seperti di toko bangunan, toko pertanian, toko mebel, selep daging, dan pengusaha bakso serta berjualan secara online. Untuk itu, perlu menciptakan iklim yang sehat agar kreativitas generasi muda dapat berkembang dan bertanggung jawab.

Selain itu, perlu adanya upaya mengembangkan keterampilan generasi muda dan mereka dilibatkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam pembangunan nasional. “Kegiatan ini dilaksanakan pada saat libur semester ganjil, tahun pelajaran 2021-2022, selama 14 hari. Dengan memberikan bekal keterampilan, kepemimpinan, kesegaran jasmani, daya kreasi, patriotisme, idealisme, dan kepribadian, serta budi pekerti yang luhur,” terang Ardian.

Ketua DPD LDII Kabupaten Situbondo, Arief Fadjar menyambut baik kegiatan tersebut. Terbukti, LDII turut aktif dalam pembangunan generasi muda, mereka merupakan tulang punggung kemajuan bangsa di masa mendatang. Arief menambahkan, bonus demografi yang kelak akan terjadi pada tahun 2030-2045 itu harus dipersiapkan bersama-sama.

“Jika anak muda dibina secara proporsional dengan dibekali ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan moral yang baik, dan disertai kapasitas keterampilan yang memadai, maka kita berharap kelak Indonesia bisa menjadi negara maju,” ujarnya.

Sementara itu, Dewan Penasehat DPD LDII Kabupaten Situbondo, Agus Triono menyampaikan, kegiatan semacam ini hendaknya bisa dikembangkan di setiap PC/PAC. Tujuannya, agar para remaja LDII memiliki tri sukses, yaitu, alim-faqih dalam ilmu dunia dan agama, berakhlakul karimah, dan mandiri.

Mereka juga diharapkan dapat berinteraksi dengan instansi-instansi terkait. Seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, BLK dan dunia usaha lainnya. “Pembinaan remaja selalu harus jadi prioritas demi eksistensi bangsa dan negara,” ujarnya. (NK/LINES)

The post LDII Situbondo Ajak Remaja Belajar Berbisnis Sejak Dini appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-situbondo-ajak-remaja-belajar-berbisnis-sejak-dini/

built with : https://erahajj.co.id