Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Peringati Hari Santri 2021, Ponpes di Lahat Gelar Persami

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 24 Oktober 2021, 06:23:00

Lahat, (24/10). Memperingati hari santri setiap tanggal 22 Oktober, Pondok Pesantren Khoirun Nadzar Binaan LDII gelar Persami yang bertujuan untuk membentuk karakter, intelektual dan kemandirian pada santri. Sejumlah santri mengikuti upacara peringatan HSN yang diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan perkemahan sabtu dan minggu (Persami) pada Sabtu dan Minggu, (23-24/10) kemarin.

Acara yang berlangsung dalam dua hari ini dilaksanakan di sekitaran kawasan pondok dihadiri oleh seluruh pengurus Pondok Pesantren Khoirun Nadzar Lahat, Sumatera Selatan, jajaran pengurus DPD Kabupaten Lahat, dan seluruh santri.

“Acara peringatan hari santri tahun ini memang berbeda dengan sebelumya kita hanya melaksanakan upacara peringatan hari santri namun tahun ini sangat spesial dengan melaksanakan persami yang diisi dengan materi survival, P3K, dan tali-temali. Kami berharap semua santri dapat mengikuti semua acara dengan penuh tanggung jawab dan tertib sehingga pesan dan wawasan yang disampaikan oleh pemateri bisa diserap, bisa diimplementasikan ketika santri sudah bertugas ditempatnya masing masing,” kata Aris selaku Ketua Pondok.

Senada dengan Aris, Ir. H. Amat Sarjono selaku Ketua DPD Kab Lahat juga menyampaikan, “Santri itu harus memiliki semangat dalam mencari ilmu dan meningkatkan wawasan dan kecakapan. Selain berdakwah, santri-santri diharapkan nantinya dapat berkontribusi terhadap pembangunan bangsa, oleh karena itu tema HSN tahun ini yakni ‘Santri Siaga Jiwa Raga, Bertumbuh, Berdaya, Berkarya’ sudah sangat tepat untuk menjadi motivasi para santri,” ujar Amat Sarjono saat menjadi pembina upacara HSN.

H. Aris Susilo, S.T menambahkan, “Harapan kami, santri yang mengikuti kegiatan ini akan lebih meningkatkan karakter luhur, membentuk insan yang alim, fakih, berakhlakul karimah, dan mandiri. Acara ini juga bertujuan untuk melatih kemandirian, kekompakan, melihat kedisiplinan dari setiap regu-regu yang kita bagi yang ada di setiap tenda – tenda santri yang kita bentuk,” katanya.

Ia melanjutkan, “Jadi, seluruh santri yang sudah dibagi menjadi enam regu, 4 regu santri perempuan dan 2 regu santri laki – laki. Lalu nanti akan diumumkan pemenang dan penghargaan berupa hadiah bagi juara. Kita tidak berharap bagaimana euforia yang mereka tampilkan dengan adanya pemberian hadiah ini, tapi tujuan penting yang kita harapkan adalah pembentukan karakter dari para santri ini bisa tercapai. Dengan adanya regu ini mereka diharapkan mampu bekerja sama dengan baik menjalin kekompakan dan kerukunan.”

Kegiatan ini di isi dengan materi kepramukaan oleh Katmuji sebagai Kepala Urusan Kegiatan Pondok, materi survival oleh Ilham Riady Tri Nur Cahyo, SE selaku Ketua Pelaksana acara, materi tali-temali disampaikan oleh Rivai selaku mubaligh setempat, nasehat pemantapan oleh H. Subli A.S selaku pembina Ponpes Khoirun Nadzar dan arahan dari ketua PPG Lahat H. Basari, S.Pd.

“Untuk tahun ini konsep HSN Popnes Khoirun Nadzar dengan tema pramuka, harapannya agar para santri disini mampu berguna bagi bangsa, bisa menumbuhkan sifat kepemimpinan atau leadership, dapat hidup bermasyarakat, dan mampu menerapkan cara hidup mandiri,” ujar Ilham selaku Ketua Pelaksana acara HSN.

Senada dengan hal itu, Aris menambahkan, “Peringatan hari santri ini juga tak lepas dari program yang sudah dicanangkan oleh pemerintah ada surat edaran dari Kementerian Agama bahwa kita semua perlu memperingati Hari Santri Nasional. Istimewanya tahun ini digandeng dengan persami sehingga tidak terlepas juga dari penerapan enam tabiat luhur (rukun, kompak, kerjasama yang baik, jujur, amanah, mujhid muzhid). Kita berharap kedepannya mampu meningkatkan profesionalitas dalam membentuk karakter luhur anak bangsa dan akan menyambung estafet cita-cita bangsa.”

H. Subli selaku pembina ponpes juga ikut menyampaikan apresiasi rasa syukur kepada para santri yang telah berpartisipasi dalam acara persami ini, dan berharap para santri mampu menghidup-hidupkan pramuka. (Indah-NM/LINES)

The post Peringati Hari Santri 2021, Ponpes di Lahat Gelar Persami appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/peringati-hari-santri-2021-ponpes-di-lahat-gelar-persami/

built with : https://erahajj.co.id