Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Hari Anak Nasional, LDII Bontang Gelar Webinar Manajemen Stress dan Kesehatan Anak

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 26 Juli 2021, 04:26:36

Bontang (25/7). DPD LDII Kota Bontang menggelar webinar bertajuk “Manajemen Stress dan Menjaga Kesehatan Anak di Masa Pandemi” sebagai wujud kontribusi LDII Bontang kepada masyarakat, Sabtu (24/7).

Ketua DPD LDII Kota Bontang H. Anton Kuswanto S.Si mengatakan, sudah 1 tahun lebih anak-anak melakukan pembelajaran secara online, sehingga ini menjadi hal yang dilematis bagi para orang tua dalam mendampinginya.

“Maka melalui webinar ini, LDII Kota Bontang turut memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat. Diharapkan masyarakat khususnya orang tua dapat memetik manfaat dalam menangani persoalan tersebut,” ujar Anton.

Selain itu Anton berharap, dari webinar ini para orang tua bisa mendapatkan tips-tips mendampingi anak di masa pandemi. “Diharapkan kita sebagai orang tua bisa mendapat tips dalam mendampingi anak baik secara psikologis maupun dari sisi kesehatan anak, khususnya untuk usia dibawah 18 tahun,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bontang, Najirah saat membuka webinar menyampaikan ucapan terima kasih lantaran LDII Kota Bontang bisa menggelar acara bermanfaat bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Bontang mengucapkan terimakasih kepada LDII Kota Bontang beserta jajarannya yang telah melaksanakan acara pada pagi hari ini,” ujar Najirah.

Pada webinar ini LDII Kota Bontang menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya. Pertama dr. Arlita Eka Putri, Sp. A yang merupakan dokter spesialis anak di RSUD Taman Husada Kota Bontang. Arlita membawakan materi dengan tema “Menjaga Kesehatan Anak di Masa Pandemi”.

Arlita memberikan pesan kepada orang tua bahwa saat ini terjadi peningkatan penularan infeksi Covid-19 pada anak. Untuk itu, perlu disiplin melakukan protokol kesehatan untuk mencegar penularan. “Melengkapi imunisasi, memberikan asupan nutrisi, cukup istirahat dan rutin beraktivitas fisik dapat menjaga kesehatan anak selama masa pandemi,” ujarnya.

Selanjutnya Annastya Agnes, S.Psi., praktisi pendidikan, membawakan materi dengan tema “Manajemen Stress pada Anak di Masa Pandemi”.

Annastya mengatakan bahwa stress tidak dapat kita hindari, sehingga strategi yang dapat dilakukan adalah dengan meminimalisir stress yang terjadi sehingga masih dapat bertindak positif. Perlu diketahui bahwa stress pada orang tua bisa berpengaruh kepada anak.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi stress pada anak adalah dengan merespon perubahan anak dengan cara suportif, memberikan perhatian lebih, berkomunikasi dengan cara diskusi, menjelaskan pandemi yang sedang terjadi. “Berpositif thinking, melakukan aktivitas fisik, menjaga nutrisi dan pola tidur serta berdoa kepada Tuhan YME,” ungkapnya.

Lalu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bontang, Hapidah Basri Rase, Amd. Kep, SE juga turut mengirimkan video pembukaan untuk peserta tentang “Peran Kader PKK dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi.”

Peserta webinar ini diantaranya praktisi pendidikan, Guru PAUD, Ibu-ibu TP PKK, Kader Posyandu, Kader GSI, Kader BKB dan masyarakat umum yang memiliki anak usia 0 hingga 18 tahun. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti webinar ini, ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber (Lines Bontang/Olive/Fredy).

The post Hari Anak Nasional, LDII Bontang Gelar Webinar Manajemen Stress dan Kesehatan Anak appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/hari-anak-nasional-ldii-bontang-gelar-webinar-manajemen-stress-dan-kesehatan-anak/

built with : https://erahajj.co.id