Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Gelar Silaturrahim Keormasan dan Sharing dengan Kapolres Kulon Progo

Kategori : Nuansa Online, Nasional, Ditulis pada : 05 Mei 2021, 10:30:07

Kulon Progo – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kulon Progo menyelenggarakan kegiatan Silaturrahim bersama Kapolres. Dengan mengusung tema Peran Ormas LDII bekerja sama dengan POLRI dalam menjaga Kamtibmas di Kulon Progo, acara terlaksana dengan lancar pada hari Jumat, 30 April 2021. Bapak Kapolres Kulon Progo berkenan hadir sebagai pemateri pada kegiatan ini. Hadir pula mendampingi beliau Kasat Bimas Ibu Cherly Prayudati dan Kapolsek Wates Ibu Kompol Munarsih Retnowati, S. H.

Hadir sebagai undangan Kepala Satpol PP Bapak Drs. Sumiran, Pj Lurah Giripeni Bapak Parmin, S.E., beserta Babinsa dan Babinkamtibmas. Rangkaian acara diawali dengan sholat isya dan tarawih secara berjamaah di Masjid Al Iman. Masjid tersebut terletak di Kompleks DPD LDII, Kalurahan Giripeni, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Setelah tarawih, kegiatan dilanjutkan di aula lantai 2 Gedung DPD yang berfungsi sebagai Studio 1. Melalui zoom, acara dipancarkan ke 12 studio Pimpinan Cabang (PC) dan 20 studio Pimpinan Anak Cabang (PAC) LDII se-Kulon Progo secara virtual. Kapolres juga menyampaikan bantuan dan cendera mata yang diterima langsung oleh Pandaya.

Dalam sambutannya, Ketua DPD LDII H. Pandaya S.Pd., M.Pd menyampaikan pentingnya sinergi LDII dengan aparat kepolisian dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban. Keamanan serta ketertiban bukan menjadi tanggung jawab aparat saja, namun perlu peran serta seluruh komponen masyarakat di dalamnya, termasuk LDII. “Kami mendukung penuh segala upaya dari pemerintah, dalam hal ini bersama Polres Kulon Progo. Kita semua berharap segala kegiatan masyarakat dan pembangunan di Kulon Progo dapat berjalan dengan lancar.”, papar Pandaya.

Pandaya juga menyampaikan kesiapan LDII sebagai wadah perkumpulan masyarakat berbasis agama dengan berbagai kegiatan yang positif. Diantaranya dengan Green Dakwah (dakwah yang menyejukkan), menolak adanya tindak kekerasan/kriminalitas di jalanan, penggunaan narkoba dan sejenisnya.

Paparan dari Kapolres Kulon Progo berlangsung dengan cair. AKBP K.R.A.T. H. Tartono, S.H., M.B.A menginginkan acara ini sebagai ajang silaturrahim dan sharing. Diharapkan ada komunikasi dua arah yang positif, sehingga beliau bisa mendapatkan berbagai masukan yang bermanfaat. Menghadapi pandemi, Tartono menekankan pentingnya protokol kesehatan dengan 5M. Karena yang bisa mencegah tidak semata-mata TNI dan Polri, tetapi masyarakat itu sendiri dengan kedisiplinan mereka.

Lebih lanjut, Tartono menyampaikan tugas polisi yaitu melayani, melindungi, mengayomi, dan menegakkan hukum. Ia juga berpesan kepada putra putri kita agar berhati-hati dalam ber-medsos. Dari sesi tanya jawab dengan Tartono, LDII mendapatkan hikmah yang luar biasa.

Ia mengajarkan tentang arti ketulusan dan keikhlasan, dalam memberikan sesuatu maupun dalam pengabdian. Juga tentang tingkat tawakkal yang tinggi kepada Allah Yang Maha Kuasa, maka Dia-lah yang akan mengatur segalanya yang terbaik untuk kita. Tartono menyampaikan kebanggaannya terhadap LDII.

”LDII adalah lembaga yang sangat kita banggakan, karena kontribusi pada masyarakat. Generasi muda harus memahami ormas yang bermanfaat. Ormas harus saling membantu dan melengkapi. Jangan saling bersaing, menjadi kompetitor. Mana yang belum ada dilengkapi supaya ada, mana yang belum bisa, kita ajari.”, papar Tartono.

Lebih lanjut, Tartono berharap agar masyarakat Kulon Progo memberi keteladanan kepada generasi muda sehingga tumbuh ormas-ormas yang mencerdaskan kehidupan bangsa.

Oleh: Andhika Widiasto (contributor) / Fachrizal Wicaksono (editor)

The post LDII Gelar Silaturrahim Keormasan dan Sharing dengan Kapolres Kulon Progo appeared first on NuansaOnline.


Sumber berita : https://nuansaonline.net/ldii-gelar-silaturrahim-keormasan-dan-sharing-dengan-kapolres-kulon-progo/

built with : https://erahajj.co.id