Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Konselor Kedubes Singapura Apresiasi Momen Idul Adha untuk Bantu Sesama

Kategori : LDII News, Nasional, Ditulis pada : 01 Juli 2023, 13:39:15

Jakarta (1/7). Konselor Kedutaan Besar Singapura di Jakarta Aaron Chee meninjau acara penyembelihan hewan kurban di Baitul Fatah, Cilandak, Jakarta Selatan pada Kamis (29/6). Menurutnya, Idul Adha menjadi saat yang tepat untuk membantu warga yang membutuhkan. Sekaligus menjaga kerukunan umat Islam di Indonesia, juga di Singapura.

“Saya bersyukur bisa hadir acara ini, dapat diundang ke masjid ini untuk melihat acara kurban dan hari ini sangat bermakna untuk umat Islam di Indonesia maupun di Singapura juga,” ucap Chee.

Di Singapura, Chee mengungkapkan pemerintahnya memiliki kebijakan tersendiri dalam penanganan hewan kurban. “Ada badan peternakan kami memastikan semua aman, tidak ada masalah terkait kesakitan, makanan dan lainnya,” ucapnya.

Sejalan dengan Chee, Ketua Departemen Pendidikan, Keagamaan dan Dakwah DPP LDII yang juga Anggota Bidang Fatwa MUI DKI Jakarta KH Aceng Karimullah menyampaikan, kunjungan itu merupakan bentuk jalinan persaudaraan antar manusia.

“Ini kebetulan dalam Idul Adha dan kita ingin menunjukkan bahwa kita menjalin persaudaraan dengan sesama umat Islam (ukhuwah islamiyah), persaudaraan dengan satu bangsa (ukhuwah wathoniyah) dan sekarang dengan segenap manusia, dengan makhluk Allah yang berbagai macam,” ucapnya.

Ia juga menegaskan bahwa persaudaraan dapat menciptakan kedamaian sehingga beribadah menjadi lancar. “Kita menjalin persaudaraan yang semoga itu bisa menciptakan kedamaian, walaupun ada beberapa negara yang berselisih dan berperang semoga bisa damai. Sehingga semua orang bisa beribadah dengan khusyuk, bisa bekerja dengan tenang, kita ingin menjalin persaudaraan dengan semua manusia,” ujar KH Aceng Karimullah.

Penyembelihan hewan kurban saat itu juga ditinjau dokter hewan dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (DKPP). Untuk memastikan penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan memenuhi standar kebersihan, kesehatan, dan keselamatan terhindar dari penyakit mulut dan hewan.

“Kami bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan juga beberapa dokter hewan. Mereka membimbing bagaimana itu hewan kurban yang memenuhi syarat aman untuk dikonsumsi,” jelas KH Aceng. Ia berharap kerja sama yang sudah terjalin setiap tahunnya itu, terus berlanjut dengan instansi-instansi lain yang terkait.

The post Konselor Kedubes Singapura Apresiasi Momen Idul Adha untuk Bantu Sesama appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/konselor-kedubes-singapura-apresiasi-momen-idul-adha-untuk-bantu-sesama/

built with : https://erahajj.co.id