Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Riau Gelar Dialog Interaktif Sekaligus Luncurkan Kampung Proklim

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 19 Mei 2023, 09:59:39

Pekanbaru (19/5). Kelurahan Agrowisata adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Rumbai Barat, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Indonesia. Kelurahan tersebut dibentuk dari wilayah Kelurahan Palas dalam pemekaran wilayah di Kota Pekanbaru tahun 2016.

Kelurahan Agrowisata memiliki luas 9,34 kilometer persegi, atau 13,11 persen dari luas Kecamatan Rumbai. Dataran Kelurahan Agrowisata berada di ketinggian 33 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Di Kelurahan Agrowisata terdapat 17 RT dan 5 RW, dengan jumlah warga 1.062 Kepala Keluarga (KK).

Adapun jumlah penduduknya mencapai 4.928 orang, yang terdiri dari 2.495 laki-laki dan 2.433 perempuan. Dengan sektor komoditas unggulan berupa kelapa sawit dan jagung.

Pembina Kelurahan agrowisata PJ Wali Kota Pekanbaru Muflihun dan Firdaus berhasil mempromosikan kampung dan kebun agrowisata sebagai percontohan ke daerah/kota lain, sebagai barometer keberhasilan sinergi pemerintah, petani, ormas dan masyarakat sebagai kampung tangguh dan kampung kesehatan.

Keberhasilan Kelurahan Agrowisata antara lain Kampung Tangguh Nusantara yang telah berhasil memproduksi pangan serta membina 20 UMKM, petani, peternak kambing dan kolam ikan yang diresmikan oleh Wali Kota bersama Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mu’min Wijaya dan Dandim 0301 Pekanbaru Letkol Inf Edi Budiman.

Sedangkan, Kampung Tangguh Kesehatan RW 05 itu berhasil menerapkan gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat, dengan cara menerapkan kampung bebas asap rokok di mulai dari rumah dan ruang publik, bahkan RW 05 tidak ada warganya yang merokok.

Lurah Agrowisata Zulken mengapresiasi warga RW 05 dan Pemerintah Kota Pekanbaru yang bersama-sama bersinergi mewujudkan Kampung Tangguh Nusantara dan RW bebas asap rokok.

“Saya mengapresiasi LDII yang melakukan pendampingan kepada Awaldi Hasibuan sebagai Ketua Rukun Warga 05 untuk mewujudkan Program Kampung Iklim sebagai solusi iklim dunia dan contoh bagi kampung lain,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Rumbai Barat H. Fachruddin Panggabean mengharapkan DPW LDII Riau bisa juga berkontribusi di kelurahan dan RW lainnya dalam penerapan ”Delapan Bidang Pengabdian LDII untuk Bangsa”.

Fachruddin Panggabean akan hadir dan menyambut baik atas terselenggaranya dialog interaktif dengan tema “Membangun Sinergisitas Adaptasi Mitigasi Terhadap Perubahan Iklim Menuju Riau Hijau Berkelanjutan” dan Launching Proklim RW 05 di Embung Pojok Kurnia Cafe Kelurahan Agrowisata pada 16 Mei 2023.

Dialog interaktif dan peluncuran Program Kampung Iklim (Proklim) tersebut dihadiri oleh Ketua Umum DPP LDII LDII KH Chriswanto Santoso bersama anggota Komisi V DPR-RI Efendi Sianipar sebagai pemerhati lingkungan dan pertanian, Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau Mamun Murod, beserta Pj. Wali Kota dan Pemko Pekanbaru sekaligus pembicara dalam kegiatan tersebut. (Rif)

The post LDII Riau Gelar Dialog Interaktif Sekaligus Luncurkan Kampung Proklim appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-riau-gelar-dialog-interaktif-sekaligus-luncurkan-kampung-proklim/

built with : https://erahajj.co.id