Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Manfaatkan Liburan Sekolah, Generasi Muda LDII Magelang Ikuti Asrama Pengajian

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 05 Januari 2023, 08:19:50

Magelang (5/1). Setiap menjelang akhir tahun dan libur sekolah sudah menjadi agenda rutin Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilul Muttaqin untuk melaksanakan pengajian tahunan. Pengajian asrama liburan ini diikuti sebagian generasi muda LDII khususnya di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kegiatan asrama dilaksanakan pada tanggal 19 hingga 22 Desember 2022 dengan jumlah 300-an peserta.

Pimpinan Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin, KH Purwadi mengatakan pengajian ini sebagai upaya pembinaan generasi muda LDII secara intensif, “Tidak hanya itu, kami juga memanfaatkan waktu libur untuk belajar dan mengaji di pondok agar lebih bermanfaat,” ujarnya.

Purwadi mengatakan, rangkaian dari asrama kali ini lebih menarik dan fleksibel, “Kami memulai dari mengaji materi yaitu di sesi pagi hari, belajar Alquran bacaan dan makna serta keterangannya. Dilanjutkan pada siang hari, mengaji Alhadits. Sedangkan untuk sesi sore diisi dengan permainan dan olahraga.

Purwadi mengharapkan, dari kegiatan asrama tersebut bisa membentuk budi pekerti yang luhur serta meningkatkan pemahaman generasi penerus LDII untuk tetap melaksanakan nilai nilai islam seiring perkembangan zaman, “Hal itu sesuai dengan tujuan LDII sebagai salah satu organisasi yang memiliki cita cita membentuk generasi yang alim faqih, berakhlaqul karimah dan mandiri,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD LDII Kabupaten Magelang KH. Modrik Santoso memberikan motivasi kepada seluruh peserta asrama, dengan menceritakan sejarah singkat kehidupannya dulu sewaktu masih muda.

“Kita harus meyakini dengan semangat mencari ilmu di usia muda dan berusaha menjauhi kemaksiatan, pasti Allah akan menolong kita dengan berbagai bentuk pertolongan-Nya,” jelas KH Modrik yang juga sekaligus pinisepuh Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin.

Sementara itu, salah satu guru pondok Sabilul Muttaqin, Yoni mengatakan, pengajian asrama diikuti oleh seluruh santri dan generus ldii dari berbagai wilayah kabupaten Magelang, “Memanfaatkan waktu liburan dengan mengikuti asrama merupakan kesempatan emas. Diharapkan santri, bertambah kefahaman agama, meningkatnya ibadah dan tentunya mendapatkan pahala dari sisi Allah SWT. Berbagai keutamaan itu bisa kita dapatkan sebagaimana dalilnya sebaik- sebaiknya kalian adalah orang yang belajar dan mengajarkan Alquran,” terang Yoni.

Sementara itu, salah satu peserta asrama pengajian, Geto mengatakan, para peserta dilatih untuk hidup sederhana dan melaksanakan piket harian dengan santri-santri di sini.

“Kegiatan mengaji lebih seru, biasanya kegiatan di masjid tapi sekarang kami bisa mengaji di gedung dengan fasilitas seperti sekolah. Kami juga dapat mengenal berbagai kegiatan yang dilakukan santri di pondok pesantren,” pungkas Geto.

The post Manfaatkan Liburan Sekolah, Generasi Muda LDII Magelang Ikuti Asrama Pengajian appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/manfaatkan-liburan-sekolah-generasi-muda-ldii-magelang-ikuti-asrama-pengajian/

built with : https://erahajj.co.id