Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Melalui Dialog, LDII Balikpapan Ajak Generasi Muda Lebih Memahami Wawasan Kebangsaan

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 26 Oktober 2022, 15:10:36

Balikpapan (26/10). DPD LDII Kota Balikpapan menyelenggarakan dialog wawasan kebangsaan dalam rangka Hari Santri Nasional 2022. Dialog yang diikuti 2.500 undangan itu, dihadiri Ketua DPRD Kalimantan Timur Hasanuddin Mas’ud. Acara bertempat di Masjid Luhur Bairuha, Kompleks Pondok Pesantren Bairuha Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Minggu (23/10).

Menurut, Ketua DPRD Kalimantan Timur yang baru dilantik September 2022 yang lalu, Hasanuddin Mas’ud. Hasanuddin mengatakan dirinya mengapresiasi pelaksanaan dialog wawasan kebangsaan yang ditujukan untuk generasi muda tersebut. Ia menuturkan, saat ini generasi muda dinilai minim dalam memaknai wawasan kebangsaan terkait Pancasila, Undang-undang 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ia memiliki harapan besar, ormas-ormas Islam termasuk LDII terus menanamkan nilai-nilai kebangsaan. Agara para generasi muda memahami wawasan kebangsaan, untuk menjaga keutuhan NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Dalam acara tersebut, Ketua DPD LDII Kota Balikpapan Herry Fathamsyah mengungkapkan kegiatan ini juga termasuk Pramusda. Sementara Musyawarah Daerah VII akan diselenggarakan awal Desember 2022.

Ia menambahkan dialog wawasan kebangsaan, bertujuan memberikan arahan kepada warga LDII terkait delapan bidang pengabdian LDII untuk bangsa, “Urutan pertama dari program tersebut adalah wawasan kebangsaan, warga LDII diharapkan memahami dan melaksanakan Pancasila, memahami UUD 1945, menghargai kebhinekaan, dan menjaga kedaulatan NKRI,” imbuhnya.

Selain itu, terkait dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Herry mengatakan pada umumnya warga Indonesia akan banyak yang singgah di Kota Balikpapan, “Melihat hal ini, potensi akan muncul adanya gangguan kamtibmas karena banyak masyarakat yang hijrah ke Balikpapan. Untuk itu, warga LDII diingatkan untuk selalu menjaga kerukunan dan kekompakan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, tampil sebagai narasumber antara lain Adwar Skenda Putra yang juga didapuk menjadi Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Dandim 0905 Kapt. Arm. M. Irham menggantikan Kol. Inf. Faisal Rizal, Kanit Intelijen Kejari Ali Mustafa, dan Polresta yang diwakili Kompol Sarbini.

Ketua Panitia Musda VII Beni Laode mengatakan bahwa sasaran dialog wawasan kebangsaan, adalah untuk generasi muda, pelajar, santri, mahasiswa serta warga LDII pada umumnya.

“Paling tidak mereka mempunyai wawasan kebangsaan, mempunyai pengetahuan, memahami Pancasila, paham terkait dengan konstitusi negara serta hukum-hukum lainnya yang ada di negara ini,” kata Beni Laode.

Terkait dengan jumlah warga yang hadir dalam pada kegiatan ini, Beni Laode mengungkapkan kurang lebih sesuai dengan jumlah undangan, yakni 2.500 orang. “Di lantai atas ini juga penuh, Ibu-ibu dan remaja putri di sebelah sana. Dengan demikian jumlah undangan terpenuhi,” ungkap Beni. (SA/LINES)

The post Melalui Dialog, LDII Balikpapan Ajak Generasi Muda Lebih Memahami Wawasan Kebangsaan appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/melalui-dialog-ldii-balikpapan-ajak-generasi-muda-lebih-memahami-wawasan-kebangsaan/

built with : https://erahajj.co.id