Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Pringsewu Dukung Moderasi Beragama untuk Modal Bangun Bangsa

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 27 September 2022, 10:21:00

Pringsewu (27/9). DPD LDII Pringsewu turut hadir dalam “Roadshow Kebangsaan”, di Balai Kerakyatan Pekon Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Lampung, pada Rabu (21/9). Acara tersebut diinisiasi oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) dan Badan Kesbangpol Kabupaten Pringsewu.

Dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pringsewu, Rifa’i, roadshow mengundang ormas Islam, para penyuluh agama Islam non-PNS, tokoh-tokoh lintas agama, pimpinan rumah iIbadah, pimpinan pondok pesantren, serta tokoh masyarakat se-Kecamatan Banyumas dan Pagelaran Utara.

Acara menghadirkan pembicara dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pringsewu dan Densus 88 Anti Teror. Acara ini memaparkan materi pencegahan radikalisme dan intoleransi hingga pentingnya moderasi beragama.

Wakil Sekretaris DPD LDII Pringsewu, H. Nasrul Azhar turut menyoroti pentingnya moderasi beragama. Menurutnya moderasi beragama adalah pangkal dari modal sosial untuk membangun bangsa, “Agar kebhinnekaan yang ada dalam rakyat Indonesia menjadi perekat untuk menjalankan program pembangunan,” kata Nasrul dalam keterangannya.

Mengutip perkataan Ketua Umum DPP LDII, KH Chriswanto Santoso saat Munas IX LDII, Nasrul mengatakan LDII memiliki delapan bidang program strategis. Salah satunya “Kebangsaan” yang ditempatkan pada posisi pertama.

Dengan semangat kebangsaan itu, LDII melaksanakan moderasi beragama, berdakwah dengan sejuk. LDII juga berkomitmen menegakkan empat pilar kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian Roadshow Kebangsaan di Kabupaten Pringsewu, setelahnya sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Adiluwih, dan esok hari akan dilaksanakan di Kecamatan Ambarawa.

LDII mengirimkan tujuh utusan, di antaranya Ulama PC LDII Banyumas, Warsito, Ketua PC LDII Banyumas, Jemiran, Wakil Sekretaris DPD LDII Kabupaten Pringsewu sekalius Sekretaris PC LDII Banyumas, H. Nasrul Azhar, Ketua PC LDII Pagelaran Utara, Aliyanto Basuki, Sekretaris PC LDII Pagelaran Utara, David Hasandi, dan beberapa pengurus LDII Kecamatan Banyumas dan Pagelaran Utara.

Acara diakhiri dengan deklarasi penolakan paham intoleran, radikalisme dan terorisme yang dipimpin oleh Camat Banyumas, Hartoyo, diikuti oleh seluruh peserta.

The post LDII Pringsewu Dukung Moderasi Beragama untuk Modal Bangun Bangsa appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-pringsewu-dukung-moderasi-beragama-untuk-modal-bangun-bangsa/

built with : https://erahajj.co.id