Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Ketua FKUB Indonesia: LDII Miliki Jiwa Keislaman dan Keindonesiaan 100 Persen

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 20 September 2022, 10:31:28

Denpasar (20/9). DPW LDII Bali silaturahim ke Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi Bali, I Dewa Gede Ngurah Swastha. Silaturahim bertempat di Puri Agung Den Bencingah, Klungkung, Bali, pada Minggu (11/9/2022).

Dalam pertemuan itu, Ketua DPW LDII Bali, Olih Solihat Karso menyampaikan hasil Musyawarah Nasional (Munas) ke-9 LDII. Di antaranya tentang delapan bidang pengabdian yang menjadi fokus program kerja LDII. Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan pengurus DPW LDII Bali, untuk menimba ilmu untuk memelihara kemajemukan kehidupan umat beragama.

“LDII meletakkan kebangsaan pada urutan pertama di dalam delapan bidang fokus pengabdian. Dengan semangat kebangsaan itu, LDII berkomitmen melaksanakan moderasi beragama, yang salah satu indikatornya bisa dilihat dari keseriusan LDII membina toleransi antar umat beragama,” ujar Olih Solihat.

Menanggapi pernyataan Olih, pria yang kerap disapa Ida Penglingsir Agung Putra Sukahet merasa senang. Ia menyatakan telah lama mengenal baik LDII, “Kami telah meyakini dan menilai bahwa di dalam tubuh LDII memiliki jiwa yang 100 persen Islam-nya. Dan juga 100 persen Indonesia-nya,” tutur Putra Sukahet.

Putra Sukahet melanjutkan, setiap umat beragama yang menganut dan memahami agamanya, pasti akan menjadi warga negara yang baik, bisa toleransi, bisa menerima berbagai perbedaan agama. Di dalam Islam itu sendiri sudah diajarkan tentang ukhuwah Islamiyah (persaudaraan umat Islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan bangsa), dan ukhuwah basyariyah (persaudaraan umat manusia).

“Begitupun di dalam Hindu, kami juga diajarkan tentang Dharma Negara dan Dharma Agama,” ujar Putra Sukahet yang juga didapuk menjadi Ketua FKUB Indonesia.

Ia juga menegaskan, rakyat Indonesia sangat bergantung pada kerukunan antarumat beragama, namun hal ini kerap tidak disadari. Tanpa kerukunan untuk mewujudkan Indonesia yang aman, damai, dan sejahtera tidak mungkin bisa tercipta.

“Mengajarkan toleransi kadang memang agak rumit. Sampai saat ini masih banyak terjadi kasus intoleransi di Indonesia. Semua itu, tidak mungkin bisa diselesaikan dengan cara kekerasan. Namun sebaliknya, harus dihadapi dengan sabar,” ungkapnya.

Ia menuturkan, tantangan untuk menjaga kerukunan tidak hanya muncul dari dalam negeri sendiri, tapi juga akan muncul dari luar karena adanya persaingan antara bangsa. Karena itu pentingnya mendorong umat beragama di Indonesia menjadi warga negara yang religius dan nasionalis.

“Kami meyakini LDII bisa menjaga Bali dan Indonesia. Bagi masyarakat Bali, kerukunan dan toleransi adalah titah agama, titah negara, titah leluhur, dan titah sosial. Dengan bantuan LDII memasyarakatkan hal ini, maka bangsa Indonesia akan tercerahkan. Indonesia menjadi tempat yang makmur, maju, nyaman ditinggali,” ungkap pria yang juga Ketua Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali itu.

Sebagai informasi, DPW LDII Bali secara khusus mengundang Putra Sukahet untuk memberi kuliah wawasan kebangsaan pada generasi muda LDII. Putra Sukahet menyanggupi dan mempersilakan pengurus LDII mengatur waktunya.

The post Ketua FKUB Indonesia: LDII Miliki Jiwa Keislaman dan Keindonesiaan 100 Persen appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ketua-fkub-indonesia-ldii-miliki-jiwa-keislaman-dan-keindonesiaan-100-persen/

built with : https://erahajj.co.id