Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Warga LDII Makassar Berpartisipasi dalam Karnaval Merdeka Toleransi

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 23 Agustus 2022, 02:45:46

Makassar (23/8). Dalam rangka memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia dan Tahun Toleransi 2022, warga LDII berpartisipasi memeriahkan “Karnaval Merdeka Toleransi” yang diselenggarakan di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (20/8). Kegiatan ini merupakan kerja sama Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Selatan dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Polisi Daerah Sulawesi Selatan, Kodam XIV Hasanuddin serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Kegiatan dengan tema “Merdeka dalam Keberagaman, Toleran dalam Perbedaan” ini, dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan Khaeroni, dan Ketua FKUB Sulawesi Selatan Abd Rahim Yunus, serta Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad.

Karnaval merdeka toleransi menghadirkan beberapa unsur adat, budaya serta agama. setiap peserta memakai pakaian adat, kebangsaan, dan keagamaan (simbol agama). Selain itu, peserta juga membawa spanduk dengan tulisan yang bertemakan toleransi dan kemerdekaan dengan mencantumkan logo tahun toleransi dan logo HUT ke-77 RI.

Adapun setiap kontingen melibatkan seluruh sumber daya yang ada terdiri dari barisan pejalan kaki, komunitas budaya, komunitas adat, mobil hias, dan mobil ambulans.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) LDII Sulawesi Selatan, Abri menyampaikan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengapresiasi partisipasi warga LDII dalam Karnaval Merdeka Toleransi, “Merdeka dalam bernegara dan toleransi dalam beragama,” ujar Abri.

Abri juga mengungkapkan adanya karnaval ini dapat menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama. “Intinya adalah toleransi dan moderasi beragama. Hal ini sesuai visi misi LDII,” ucap Abri. Sementara itu Wakil Sekretaris LDII Sulawesi Selatan, Hatta Tohuni berpendapat bahwa, karnaval ini sebagai ajang silaturahim antar umat beragama.

“Setelah mengikuti karnaval, kesan kami sebagai peserta sangat luar biasa. Ini merupakan ajang silaturahim antar umat beragama. Tidak membedakan agama apa. Kesan saya, peserta membaur dalam keberagaman agama dan budaya,” ujar Hatta.

Dalam kesempatan tersebut, Hatta menjelaskan peserta LDII sejumlah 100 orang terdiri dari pengurus LDII Sulawesi Selatan, pemuda LDII, guru serta santri Pondok Pesantren Roudhotul Jannah, Makassar. “Pengurus LDII yang hadir antara lain Ketua DPW LDII Sulawesi Selatan Abri, Wakil Ketua Renreng Tjolli, Anggota Dewan Penasihat Haryanto, Wakil Sekretaris Hatta Tohuri dan Eko Pamujianto,” ujarnya.

Dalam akhir penuturannya, Hatta berharap kegiatan ini bisa diadakan setiap tahun.

The post Warga LDII Makassar Berpartisipasi dalam Karnaval Merdeka Toleransi appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/warga-ldii-makassar-berpartisipasi-dalam-karnaval-merdeka-toleransi/

built with : https://erahajj.co.id