Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Pemuda LDII Kota Kediri Ikuti Kirab Bendera Merah Putih Raksasa

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 21 Agustus 2022, 09:19:28

Kediri (21/8). Warga Kota Kediri meriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia sebelum puncak perayaan Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2022. Pemuda LDII Kota Kediri mengikuti Kirab Bendera Merah Putih Raksasa, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) pada Selasa (16/8).

Bendera raksasa berukuran 40×60 meter diarak bersama dari halaman Balai Kota Kediri di Jalan Basuki Rahmad menuju Goa Selomangleng. Peserta yang mengikuti pawai yakni Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), para pemuda Kota Kediri yang meliputi Paskibraka, Hikapala, Karang Taruna, Pramuka, PMR, KNPI Kota Kediri dan Pemuda LDII Kota Kediri.

Tidak hanya peserta, masyarakat juga antusias meramaikan meskipun dalam situasi pandemi Covid-19. Mereka ikut meramaikan dengan menyambut peserta kirab di pinggir jalan, juga berbagi suguhan makanan dan minuman kepada peserta.

Kepala Disbudparpora Kediri, Zachrie Ahmad menjelaskan, kegiatan kirab Bendera Raksasa ini sebagai wujud jiwa nasionalisme pemuda di Kota Kediri. “Selain itu, acara ini bertujuan agar pemuda tetap bersemangat, berjuang, berkarya, dan menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk tanah air negeri tercinta ini,” ujarnya.

Kirab bendera merah putih raksasa tersebut nantinya akan dikibarkan di Puncak Gunung Klotok, sehingga dapat dilihat oleh masyarakat saat bertepatan hari kemerdekaan RI ke-77. “Potongan bendera merah putih berukuran 5×10 meter yang telah dikirab itu, akan dikibarkan di Puncak Gunung Klotok. Bendera raksasa itu akan dinaikkan pada malam hari oleh pecinta alam dan yang jelas fisiknya telah teruji,” ujar Zachrie.

Sementara Ketua Pemuda LDII Kota Kediri, Asyhari Eko Prayitno menambahkan, nilai-nilai ke-Indonesiaan dan patriotisme harus terus ditiupkan dan ditumbuhkan dalam diri setiap warga negara. Persatuan dan kesatuan terus dikuatkan untuk menangkal setiap rongrongan terhadap ideologi Pancasila.

“Ini menjadi landasan bagi kita, mengikuti kirab bendera merah putih raksasa ini merupakan fokus LDII di bidang Kebangsaan diantara delapan program pengabdian LDII,” jelasnya.

Selain itu, “Kami di LDII, selalu diingatkan untuk memiliki sikap rukun, kompak dan kerja sama yang baik, terlebih untuk urusan kebangsaan,” tuturnya. Urusan kebangsaan menempati urutan nomor satu dari delapan bidang pengabdian LDII untuk bangsa. “Apabila urusan kebangsaan terganggu, maka urusan ibadah juga akan terganggu, sehingga kebangsaan menjadi prioritas,” tutupnya.

The post Pemuda LDII Kota Kediri Ikuti Kirab Bendera Merah Putih Raksasa appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/pemuda-ldii-kota-kediri-ikuti-kirab-bendera-merah-putih-raksasa/

built with : https://erahajj.co.id