Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Ratusan Pemuda LDII Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI di Ponpes Nurul Huda Al Manshurin

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 21 Agustus 2022, 08:24:10

Kediri (21/8). Berbagai cara dapat dilakukan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan rasa cinta tanah air, salah satunya dengan berpartisipasi dalam upacara bendera. Hal tersebut dilakukan oleh Ponpes Nurul Huda Al-Manshurin Kota Kediri, Jawa Timur, yang menggelar upacara bendera peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di lapangan ponpes itu, pada Rabu (17/8).

Ketua Ponpes Nurul Huda Al-Manshurin mengatakan bahwa upacara bendera HUT RI ini dihadiri oleh ratusan peserta. Mereka terdiri dari jajaran pengurus yayasan, pengurus LDII Kota Kediri, pengurus Pondok Pesantren, pengurus SMK Al-Manshurin, para santri, serta siswa-siswi SMK Al-Manshurin.

“Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Pondok Pesantren Nurul Huda Al Manshurin, mulai dari pelatihan para personel hingga persiapan lokasi yang digunakan untuk melaksanakan upacara bendera,” ujar Ketua Ponpes Nurul Huda Al-Manshurin, Munir.

Menurutnya, peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia adalah salah satu bukti perjuangan bersama seluruh rakyat Indonesia yang beragam suku, agama, dan golongan. “Pengorbanan para pahlawan, baik harta, benda, bahkan nyawa dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, sudah selayaknya dimanfaatkan oleh generasi penerus untuk melanjutkan perjuangan dengan memperingatinya lewat upacara bendera yang dilaksanakan seperti ini,” ujarnya.

Tepat pukul 07.00 WIB upacara bendera dimulai. Inspektur upacara yang ditunjuk adalah Kepala SMK Al Manshurin, Harijono. Dalam sambutannya, ia membacakan pidato tertulis dari Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar. Wali Kota mengajak masyarakat Kota Kediri untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap segala tindakan.

“Cermat sebelum bertindak, hati-hati sebelum melangkah, dengan begitu kita dapat terus berupaya meng-_upgrade _diri menjadi versi yang lebih baik dari sebelumnya,” tulis Wali Kota Kediri, Abu Bakar.

HUT Kemerdekaan ke-77 RI mengusung tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, yang mengobarkan semangat nasionalisme dan kerukunan bangsa Indonesia, setelah beberapa tahun terakhir dilanda pandemi Covid 19.

“Sesuai tema peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini, Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, kami mengajak semua pihak untuk bangkit bersama mendukung pemulihan di berbagai sektor. Layaknya kata pepatah, ringan sama dijinjing, berat sama dipikul. Banyaknya target yang harus kita kejar akan lebih mudah diraih jika kita kerjakan bersama-sama,” sambungnya.

Ia juga menambahkan, upacara bendera dapat meningkatkan jiwa nasionalisme masyarakat dan cinta tanah air terutama pemuda yang ada di Kota Kediri.

Sementara itu, Ketua Pemuda LDII Kota Kediri Asyhari mengingatkan, masyarakat perlu mensyukuri jasa para pahlawan bangsa. Sebab bukan hal yang mudah untuk mencapai kemerdekaan. Bertahun-tahun lamanya para pahlawan berjuang merintis dan mempertahankan kemerdekaan.

“HUT Kemerdekaan menjadi sebuah pengingat betapa besar perjuangan para pahlawan di masa lalu. Sampai sekarang, bangsa Indonesia khususnya kami warga LDII, patut mensyukuri perjuangan para pahlawan bangsa. Oleh sebab itu pula, Indonesia masih terus eksis hingga kini,” jelasnya.

Asyhari menambahkan, implementasi mempertahankan kemerdekaan ini adalah dengan mempraktikkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Yang mana persatuan seluruh komponen bangsa adalah kuncinya. Fitrah manusia sebagai makhluk sosial mempunyai kewajiban melaksanakan ibadah maghdah dan ghoiru magdhah,” ujarnya.

DPP LDII, tambahnya, telah mencanangkan “Delapan Program Pengabdian untuk Bangsa” yang menjadi program andalan LDII. Delapan program itu diantaranya yaitu kebangsaan, keagamaan, ekonomi, pendidikan, pangan & lingkungan hidup, kesehatan alami LDII, teknologi digital dan energi baru terbarukan.

Menurut Asyhari, upacara bendera sebagai peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 kali ini merupakan salah satu cara mempraktikkan poin kebangsaan. Ia menyadari, ke depan tantangan di negeri ini semakin berat, “Untuk itu, penting menyiapkan generasi yang profesional religius serta memiliki rasa cinta tanah air dan wawasan kebangsaan yang luas,” tegasnya.

Ia menegaskan, bahwa LDII dan para warganya selalu diingatkan untuk memiliki budi pekerti yang baik untuk menciptakan kerukunan, kekompakan, serta mau bekerjasama dengan baik, terlebih untuk urusan kebangsaan. Apabila urusan kebangsaan terganggu, maka urusan ibadah ikut pula terganggu, “Oleh sebab itu, urusan kebangsaan akan selalu menjadi prioritas dalam program pengabdian LDII untuk bangsa,” tutupnya.

The post Ratusan Pemuda LDII Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI di Ponpes Nurul Huda Al Manshurin appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ratusan-pemuda-ldii-ikuti-upacara-hut-kemerdekaan-ri-di-ponpes-nurul-huda-al-manshurin/

built with : https://erahajj.co.id