Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Cara Asik Belajar Bahasa Inggris, SMA IMBS Yogyakarta Pelajari Kehidupan Muslim di Kanada

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 21 Agustus 2022, 07:38:39

Yogyakarta (21/8). SMA Insan Mulia Boarding School (IMBS) Yogyakarta menggelar Webinar “Kehidupan Muslim di Kanada”. Acara ini dihadiri para santri pada saat kelas pembelajaran Bahasa Inggris, pada Selasa (16/8).

Guru Bahasa Inggris IMBS Yogyakarta sekaligus moderator, Jumiati mengatakan, acara ini bertujuan untuk membuka wawasan santri pentingnya belajar Bahasa Inggris dengan sungguh-sungguh.

Harapannya dapat meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan materi, “Informasi yang berasal dari sumber aslinya merupakan hal yang luar biasa dalam sebuah media pembelajaran,” kata Jumiati.

Berlangsung secara daring, webinar ini mengundang Misella Hendrajat, narasumber yang tinggal di Kanada. Acara dibuka dengan perkenalan dari Misella. Dengan fasih berbahasa Inggris, Misella menceritakan kehidupannya di Kanada. Hal ini sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh santri IMBS Yogyakarta, yaitu “Introducing Self and Others.”

Dalam kisahnya itu, Misella menceritakan pula kondisi musim, cuaca, serta lingkungan di sekitar rumah. Suhu terendah Kota Edminton adalah 14-17 derajat celcius dan suhu akan mencapai 21-30 derajat celcius dikarenakan saat ini Kanada sedang musim panas.

Tidak hanya itu, Misella menambahkan, untuk tinggal di Kanada sebagai seorang muslim tidak sulit. Ia sangat bersyukur karena dapat menemukan bahan makanan yang halal di supermarket, serta berhijab tidak menjadi suatu hal sangat mengancam dirinya, “Nyaman saja menjadi muslim di Kanada. Mengaji secara rutin, alhamdulillah lancar,” ujarnya.

Akan tetapi, karena hidup di negara yang memiliki empat musim membuat Misella harus beradaptasi ketika musim dingin. Suhu terendah di Kanada bisa mencapai -40 derajat celcius.

Kepala Sekolah SMA IMBS Yogyakarta, Siti Nurhayati, mengapresiasi webinar ini. Para santri diharapkan senantiasa termotivasi agar bisa ke luar negeri, baik untuk magang, studi lanjut, maupun berdakwah.

Selain Bahasa Inggris, SMA IMBS Yogyakarta mengajarkan pula Bahasa Jepang dengan guru pengajar yang pernah tinggal di Jepang. Guru itu berpengalaman mengajar di Ehime Daigaku Senior High School Matsuyama, Jepang.

Walaupun secara daring, para santri sangat antusias mengikuti acara tersebut berkat informasi yang berasal dari narasumber yang menetap di Kanada. Model pembelajaran ini memberikan kesan berbeda dengan kelas bahasa Inggris pada umumnya. Namun, sebagian santri mengakui masih kesulitan untuk memahami beberapa kosa kata asing. Demikian pula aksen dan dialek asli dari narasumber.

The post Cara Asik Belajar Bahasa Inggris, SMA IMBS Yogyakarta Pelajari Kehidupan Muslim di Kanada appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/cara-asik-belajar-bahasa-inggris-sma-imbs-yogyakarta-pelajari-kehidupan-muslim-di-kanada/

built with : https://erahajj.co.id