Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Pemkab Banyuwangi Latih Kemandirian Generasi Muda LDII dengan Pelatihan Desain Grafis

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 13 Agustus 2022, 00:17:23

Banyuwangi (13/8). Pemuda LDII asal PAC LDII Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur, mendapat pelatihan desain grafis dari Pemkab Banyuwangi. Pelatihan ini bertujuan membekali kemandirian sehingga menjadi pemuda yang terampil dan unggul.

Pelatihan yang digelar sejak Jumat (5/8) tersebut merupakan inisiasi Program Bupati Ipuk Fiestiandani, “Banyuwangi Ayo Kursus (BAK)” tahun 2022 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan (Dispendik) bersama Diskominfo Banyuwangi.

Selama lima hari, para pemuda itu menerima pelatihan desain grafis dan digital marketing secara gratis. Program kursus ini nantinya diharapkan mencetak sumber daya manusia yang terampil, unggul dan siap bekerja.

Ketua PAC LDII Yosomulyo Suwandi menuturkan, secara resmi pihaknya disurati Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Bimbingan Belajar dan Komputer Rumah Edukasi, yang merupakan binaan Dinas Pendidikan Banyuwangi, “Mereka mengajak kerja sama mendukung program tersebut dengan menggerakkan pemudan LDII untuk mengikuti berbagai pelatihan kemandirian,” ujar Suwandi.

Menurutnya, sebanyak 15 pemuda LDII, didaftarkan pada program tersebut. Pelatihan pun dilaksanakan di LKP Rumah Edukasi Dusun Sidotentrem, “Alhamdulillah mereka menerima berbagai pelatihan kerja secara gratis,” terang Suwandi. Selain memperoleh ilmu, para peserta memperoleh piagam dan piala sebagai peserta terdekat dan terbaik.

Salah satu peserta Pemuda LDII Aditya Brilyan Satara bersyukur bisa mengikuti pelatihan. “Alhamdulillah tempatku dekat banget dengan lokasi LKP Rumah Edukasi, temanku ada yang dari Kecamatan Glenmore dan Kecamatan Licin, jarak rumahnya ke tempat kursus ditempuh puluhan kilometer,” ujar Adit.

Pelatihan Gratis untuk Milenial Upaya Membangun Ekonomi Warga

Pelatihan tersebut dibuka Bupati Ipuk Fiestiandani secara daring, dari Kantor Magistra Utama Banyuwangi, pada Jumat (5/8). Ipuk mengatakan, Pemkab Banyuwangi menggelar berbagai pelatihan kerja. Mulai pelatihan mencukur rambut (barbershop), menjahit, digital marketing, hingga memberikan bantuan alat usaha.

“Dengan berbagai pelatihan yang kami lakukan ini harapannya bisa kembali menggeliatkan perekonomian warga. Masyarakat Banyuwangi, khususnya kaum milenial, kita bekali keterampilan agar bisa memulai usahanya sendiri,” tegas Ipuk.

Sementara Ketua DPD LDII Banyuwangi H. Astro Junaidi mengapresiasi Program Banyuwangi Ayo Kursus (BAK) yang digagas Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. Kegiatan yang dibiayai oleh Pemkab Banyuwangi dan gratis bagi peserta tersebut, menjadi salah satu terobosan baru Pemkab dalam menggerakkan ekonomi masyarakat.

Kegiatan ini, menurut H. Astro merupakan bentuk harmonisasi Pemkab Banyuwangi bersama masyarakat. Sebuah upaya untuk mempersiapkan sumber daya manusia unggul dan terampil, utamanya bagi para pemuda agar mandiri ekonominya. “Ini luar biasa,” katanya.

“Semoga peserta, utamanya Pemuda LDII yang mengikuti BAK ini, bisa menjadikan ilmu yang barokah artinya bisa mengembangkan usaha baru, bisa menggerakkan perekonomian di Banyuwangi dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri dan orang lain,” pungkas H. Astro.

The post Pemkab Banyuwangi Latih Kemandirian Generasi Muda LDII dengan Pelatihan Desain Grafis appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/pemkab-banyuwangi-latih-kemandirian-generasi-muda-ldii-dengan-pelatihan-desain-grafis/

built with : https://erahajj.co.id