Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Sakocab Jakarta Barat Bina Generasi Muda Melalui Lomba Regu Prestasi

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 10 Agustus 2022, 14:08:53

Jakarta (10/8). Dalam rangka mewujudkan “Tri Sukses” generasi penerus, Satuan Komunitas Cabang Sekawan Persada Nusantara (Sakocab SPN) Jakarta Barat menghelat Lomba Regu Prestasi (LRP) di Bumi Perkemahan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta. Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh perwakilan Penggerak Pembina Generus (PPG) Jakarta Barat, Abdullah Hamzah.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Pramuka sekaligus menindaklanjuti program kerja Sakoda SPN DKI Jakarta, “Adanya perenggangan Covid-19 setelah dua tahun tidak berkegiatan, kami manfaatkan untuk menampilkan kembali kreativitas adik-adik Pramuka dalam kegiatan LRP ini,” ucap pria yang akrab disapa Hamzah itu.

Hamzah mengatakan, dengan diadakannya acara LRP, agar anggota Pramuka bisa menjadi pribadi yang mandiri, sehingga kreativitasnya bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, “Kelanjutannya, anak-anak ini bisa lebih mandiri lagi untuk menjalankan ibadahnya, unggul dalam pengajiannya sehingga bisa berhasil menjadi generasi profesional religius ke depannya,” ungkapnya.

LRP yang di ikuti 260 penggalang usia pra-remaja, 70 bindamping dan didukung 30 orang panitia, merupakan persiapan dari ajang Perkemahan Besar Nasional (Kembesnas) Sako SPN hingga Jambore Nasional (Jamnas) pada bulan September 2022 mendatang. Seleksi dilakukan bertahap, mulai dari tingkat Gudep hingga Sakocab.

“Harapannya adik-adik Pramuka lebih mempersiapkan diri kembali untuk kegiatan Kembesnas, dan LRP ini sebagai ajang persiapan untuk menghadapi kembesnas, sehingga adik-adik Pramuka lebih unggul lagi sebagai perwakilan Sako SPN DKI Jakarta,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Sakocab Jakarta Barat Budi Susanto selaku Ketua Pelaksana LRP mengantakan, LRP menjadi ajang silaturahim antar bina satuan di tingkat satuan komunitas nusantara tingkat DKI.

“LRP sebagai wadah adik-adik Pramuka yang selama ini di pangkalan melakukan kegiatan latihan, saatnya mulai beraktivitas menunjukkan kreativitasnya dengan suatu kegiatan yang sifatnya perlombaan. Dan menunjukkan eksistensi dan menunjukkan bahwa mereka bisa dan mampu,” ucap pria yang berprofesi sebagai guru tersebut.

Budi mengungkapkan, ajang LRP diharapkan menjadi sarana implementasi enam tabiat luhur (jujur, amanat, rukun, kompak, kerjasama yang baik, mujhid muzhid) untuk kehidupan sehari-hari.

“Implementasi dari enam tabiat luhur itu terdapat dalam setiap pos, contoh di PBB mereka akan mempraktekkan rukun, kompaknya ketika melakukan baris-berbaris, bagaimana kerjasama yang baik ketika mereka membuat suatu tandu di P3K,” jelasnya lagi.

Kegiatan tersebut mendapatkan apresiasi dari Ketua Kwartir Ranting (Kwaran) Cengkareng, ia menyebut, Sakocab Cengkareng bisa membantu di bidang andalan pembinaan anggota muda dan dewasa.

“Kwaran Cengkareng sangat mendukung dan bangga adanya kegiatan pramuka melalui komunitas ini,” ujar Muslim yang juga Andalan Cabang Jakarta Barat.

Ia berharap, ke depan LRP dapat berjalan berjenjang dari tingkat ranting cabang sampai tingkat nasional. “Insya Allah kwaran Cengkareng khususnya akan mendukung sepenuhnya kegiatan baik dari kegiatan siaga penggalang maupun penegak,” tuturnya.

Harapan Kwaran Cengkareng Sako SPN bisa terus berkembang, dan Kwaran akan mendukung kegiatan-kegiatan yang ada di Sako SPN, mulai dari kegiatan pembinaan anggota muda dan anggota dewasa.

“Kegiatan-kegiatan ini sangat bagus untuk generasi muda, apalagi kita mengalami masa badai pandemi, kemungkinan kedepannya kita makin semangat apalagi anggota muda dan dewasa,” ucapnya.

Muslim mengingatkan kepada para pembina, bahwa jangan patah semangat dan Kwaran bisa bekerja sama dengan sako spn khususnya DKI Jakarta membangun kegiatan-kegiatan Pramuka demi mencerdaskan anak bangsa dan menumbuhkan rasa nasionalisme kebangsaan anak-anak kita.

The post Sakocab Jakarta Barat Bina Generasi Muda Melalui Lomba Regu Prestasi appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/sakocab-jakarta-barat-bina-generasi-muda-melalui-lomba-regu-prestasi/

built with : https://erahajj.co.id