Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Sleman Bekali Remaja Putri Keterampilan Menjahit

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 08 Agustus 2022, 23:29:26

Sleman (9/8). Bidang Keputrian Pengurus Penggerak Generasi (PPG) LDII Kabupaten Sleman menggelar “Pembekalan Teknik Menjahit” di Masjid Mulia Abadi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Jumat (5/8). Pembekalan ini dihadiri sejumlah remaja putri dan para ibu yang berlatar belakang penjahit.

Koordinator Bidang Keputrian PPG LDII Kabupaten Sleman, Umi Salamah menuturkan bahwa kemandirian menjahit harus dimiliki remaja putri. “Pembekalan ini memang diperuntukkan untuk remaja putri sebagai motivasi belajar jahit-menjahit. Hal ini karena menjahit menjadi salah satu kemandirian yang harus dimiliki remaja putri,” tutur Umi Salamah.

Bertema “Jahit Kain Dulu, Jahit Cinta Belakangan”, pelatihan ini terbagi dua kelas, yaitu kelas dasar dan kelas lanjutan. Peralatan dan teknik menjahit yang diajarkan pada dua kelas ini sama. Adapun materi kelas dasar diajarkan cara memasang kancing baju, jahit kelim jelujur, dan menyambungkan dua kain.

Beda halnya dengan kelas lanjutan, materi yang diajarkan mengenai pemasangan kancing jeans, jahit kelim silang, dan menambal sobekan kain di tengah. “Materi keputrian hari ini, kami mengajarkan memasang kancing baju dan menjahit kelim (soom),” tutur Ari Nur Hidayati, pementor kelas lanjutan.

Dengan pembekalan ini, Umi Salamah juga menuturkan bahwa pengurus bidang keputrian akan mengetahui sebatas mana remaja putri semangat belajar menjahit. Sebagai tindak lanjutnya, Bidang Keputrian PPG LDII Kabupaten Sleman, akan memberi pelatihan agar remaja putri lebih mahir dalam menjahit.

“Harapannya setelah kita memberikan pelatihan ini, kami akan mengetahui sebatas mana anak-anak ini semangat untuk belajar mengetahui tentang belajar menjahit. Kami baru memberikan tingkat dasar dan akan kami lanjutkan ke lebih yang mahir lagi. Kami akan terus membina sampai mereka ahli menjahit,” kata Umi Salamah.

Sementara itu, pembekalan juga dihadiri Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga (PPKK) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) LDII Kabupaten Sleman, Nurul Baiti Salikah.

Nurul mengungkapkan bahwa PPKK DPD LDII Kabupaten Sleman, sangat mendukung adanya pembekalan keterampilan menjahit kepada remaja putri dan para ibu. Peserta yang hadir diharapkan menyampaikan pembekalan menjahit ini kepada remaja putri dan para ibu di Pimpinan Anak Cabang (PAC) masing-masing.

“Harapan kami, peserta bisa melanjutkan pembekalan di sini ke PAC masing-masing terutama ke remaja putri dan ibu-ibu,” kata Nurul.

Salah satu peserta, Anathdi Yasmine Athika, mengungkapkan manfaat pelatihan ini adalah selain menambah relasi, juga mengetahui teknik menjahit dan memasang kancing.

“Tadi ada seorang ibu yang mengatakan bahwa memasang kancing itu gampang banget. Modalnya cuma Rp 500, tapi biasanya orang yang memasangkan kancing diberi harga lima ribu sampai sepuluh ribu rupiah. Jadi, saya dapat masukan mengenai peluang dari menjahit,” pungkas Anathdi. (MF)

The post LDII Sleman Bekali Remaja Putri Keterampilan Menjahit appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-sleman-bekali-remaja-putri-keterampilan-menjahit/

built with : https://erahajj.co.id