Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Ketua LDII Gresik Diangkat Jadi Anggota Jejaring Pancamandala

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 03 Agustus 2022, 13:07:16

Gresik (3/8). Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) membentuk Jejaring Pancamandala (JPM). Jejaring tersebut merupakan forum yang dibentuk oleh komponen masyarakat yang sifatnya sukarela. Ruang lingkup kerjanya di provinsi hingga kabupaten atau kota.

Pengangkatan anggota Jejaring Pancamandala juga dilaksanakan di Gresik, Jawa Timur pada Kamis (28/7). Lima anggotanya bertekad menjadikan masyarakat Gresik mengerti dan memahami Pancasila. Mereka mengikuti kegiatan Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila JPM Provinsi Jawa Timur. Acara tersebut diadakan oleh Badan Pembinaan Ideologi (BPIP) di Hotel Grand Dafam, Surabaya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur dam mewakili unsur pemerintah, akademisi, organisasi masyarakat (ormas), media, dan pengusaha. Kelima utusan JPM Gresik adalah, Tursilowanto dari unsur pemerintah, Hamim Farhan dari unsur akademisi, KH Abdul Muis dari unsur organisasi kemasyarakatan dalam hal ini LDII, M Syuhud Almanfaluty dari unsur media, dan Amous Huwae dari unsur pengusaha.

Dalam JPM tersebut menghadirkan sejumlah narasumber, yakni Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan BPIP, Tonny Agung Arifianto; Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerja Sama, Elfrida Herawati Siregar; Aris Heru Utomo, dan Direktur Pengkajian Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila, Muhammad Sabri.

Tursilowanto menyatakan bahwa sebagai tindaklanjut dari kegiatan penguatan pembinaan ideologi pancasila JPM Provinsi Jawa Timur yang diadakan BPIP, JPM Gresik akan melaporkan hasil workshop kepada Bupati dan mengidentifikasi isu strategis, untuk menjadikan masyarakat mengerti Pancasila.

Salah satu anggota Jejaring Pancamandala sekaligus Ketua DPD LDII Kabupaten Gresik, KH Abdul Muis mengatakan, Pancasila merupakan hasil dari pemikiran para bapak pendiri bangsa, “Pancasila menjadi ideologi bangsa, yang mampu melindungi segenap bangsa juga menjadi dasar negara untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur,” ujarnya.

Ia berkeyakinan, rakyat Indonesia termasuk warga LDII mensyukuri dengan adanya Pancasila, kehidupan umat beragama untuk meyakini dan menjalankan kepercayaannya menjadi mudah, “Untuk itu Pancasila harus dibumikan, agar rakyat Indonesia berjiwa pancasilais demi mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur,” pungkasnya.

The post Ketua LDII Gresik Diangkat Jadi Anggota Jejaring Pancamandala appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ketua-ldii-gresik-diangkat-jadi-anggota-jejaring-pancamandala/

built with : https://erahajj.co.id