Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Dorong Penguatan Ekosistem Ekonomi Syariah di Kalimantan Barat

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 03 Agustus 2022, 04:02:14

Pontianak (3/8). DPP LDII telah menyusun peta jalan kontribusi menuju Indonesia Maju, salah satunya melalui penguatan ekosistem ekonomi syariah. Salah satunya, melalui kerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI), dengan fokus pada penataan kelembagaan dan sumber daya manusia (SDM) ekonomi syariah.

Hal tersebut dinyatakan Ketua DPP LDII Bidang Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat (EPM) Ardito Bhinadi. Ekonom dari UPN Veteran Yogyakarta tersebut menyampaikan, kerja sama LDII dan BSI bukan hanya sebatas pemanfaatan jasa dan produk keuangan syariah, tetapi juga untuk meningkatkan literasi warga LDII mengenai ekonomi syariah.

“Untuk itu, LDII Kalbar perlu melakukan pemetaan kapasitas lembaga di wilayahnya. Mulai dari takmir masjid, hingga usaha bersama (UB), secara terstruktur hingga tingkatan Pimpinan Cabang (PC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC),” ujarnya.

Imbauannya tersebut, dilontarkan saat memberikan arahan secara virtual dalam silaturahim dan sosialisasi “Memorandum of Understanding (MoU) DPP LDII dan PT BSI Tbk”, pada Minggu (31/7/2022). Acara tersebut diikuti 14 perwakilan DPD LDII se-Kalimantan Barat. Ardito juga menyarankan agar silaturahim dengan BSI terus diperkuat, sehingga dapat terbangun sinergi ekosistem ekonomi syariah di Kalbar.

Menanggapi harapan DPP LDII, Ketua DPW LDII Kalbar Susanto, menindaklanjuti dengan cara menggandeng BSI dalam penguatan ekosistem ekonomi syariah. “Kami terbantu dengan adanya nota kesepahaman antara LDII dengan BSI yang telah ditandatangani Februari 2022 lalu. Agar kami tidak keluar dari apa yang telah menjadi kesepakatan, kami laksanakan silaturahim dan sosialiasi,” ujarnya.

Ia berharap, melalui sosialisasi tersebut, maka kaidah bermuamalah dapat sesuai dengan pedoman yang telah disyariatkan oleh agama Islam. “Ini menjadi bagian ihtiar dalam menyempurnakan praktik ibadah kepada Allah,” tambahnya.

Susanto melanjutkan, melalui kegiatan itu diharapkan indeks literasi ekonomi syariah di Kalbar dapat meningkat. Literasi Ekonomi Syariah merupakan pengetahuan individu terhadap nilai-nilai syariah Islam, guna mengelola dan menggunakan hartanya, untuk mencapai kesejahteraan secara seimbang, “Jika literasi ekonomi syariah meningkat, maka kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Kalbar akan besar,” ujarnya.

Hal sama dikatakan Area Retail dan Transaksi Bisnis Manager (ARTM) BSI Pontianak, Reni Kurniasih. Ia berharap, melalui sosialisasi ini, akan tumbuh kesadaran warga untuk menjalankan muamalah secara syariah. “Semoga output hari ini, banyak yang melek keuangan syariah. Maka poin-poin yang disepakati antara LDII dan BSI bisa dilakukan,” ucapnya.

The post LDII Dorong Penguatan Ekosistem Ekonomi Syariah di Kalimantan Barat appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-dorong-penguatan-ekosistem-ekonomi-syariah-di-kalimantan-barat/

built with : https://erahajj.co.id