Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Wujudkan Keluarga Bahagia, LDII Gelar Dialog Manajemen Rumah Tangga Modern

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 02 Agustus 2022, 05:14:04

Kediri (2/8). Angka perceraian di dalam masyarakat terus meningkat, mengundang perhatian LDII. Umumnya, perceraian terjadi, pada masa awal pernikahan sampai 10 tahun — yang merupakan masa krusial.

Mengelola lembaga perkawinan menjadi penting. Apalagi di LDII, tidak mengenal pacaran, sehingga pernikahan itu bersifat sangat sakral. Menanggapi hal tersebut, LDII Kecamatan Pesantren menggelar “Pengajian dan Dialog Keluarga Bahagia untuk Pasangan Pernikahan di Bawah 10 tahun, pada Sabtu (30/7/2022).

Pada kesempatan tersebut, Ketua PC LDII Kecamatan Pesantren, Edy Riyanto mengatakan, pasangan suami-istri kerap bercerai kebanyakan karena faktor ekonomi.

“Maka dalam hal ini, kami berpesan supaya dengan pengajian dan dialog keluarga bahagia ini, dapat mengedukasi kepada warga LDII untuk mempertahankan dan mengatur pernikahannya dengan baik,” ujarnya.

Dewan Penasehat PC LDII Kecamatan Pesantren, Agus Faishol menceritakan, selama dirinya menjalani rumah tangga memiliki beragam permasalahan yang harus dihadapi. Meski demikian, hal tersebut semakin membuat rumah tangganya semakin harmonis dan romantis usai menyelesaikan berbagai masalah.

“Rujukan kita sebagai seorang muslim adalah dalil dari Alquran dan Alhadits. Maka dari itu, semua permasalahan dalam rumah tangga hendaknya mengacu dari keduanya. Semoga pasangan muda LDII saat ini bisa berhasil menjalani pernikahan sampai kaken ninen dan sampai khusnul khotimah ajal menjemput,” pungkasnya.

Senada dengan Agus, salah satu pemateri acara Muhammad Yusron menjelaskan, memulai sebuah rumah tangga itu membutuhkan manajerial atau pengaturan yang rinci. Dan harus disepakati secara musyawarah oleh pasangan suami dan istri.

“Manajemen keluarga secara modern harus mengikuti zaman. Selain itu, dibutuhkan pengetahuan dan kemauan untuk bisa menyesuaikan diri di era modern. Namun muaranya harus sesuai dengan ketentuan Allah dan Rasul, berdasarkan Alquran dan Alhadits,” pungkasnya.

The post Wujudkan Keluarga Bahagia, LDII Gelar Dialog Manajemen Rumah Tangga Modern appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/wujudkan-keluarga-bahagia-ldii-gelar-dialog-manajemen-rumah-tangga-modern/

built with : https://erahajj.co.id