Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Jateng Sosialisasi Deradikalisasi, Ini Komentar Para Tokoh

Kategori : LDII News, Nasional, Ditulis pada : 31 Juli 2022, 17:03:52

Cilacap (31/7). DPW LDII Jawa Tengah menggelar “Sosialisasi Deradikalisasi” bekerja sama dengan Polda Jawa Tengah. Acara yang digelar di Cilacap, Jawa Tengah pada Kamis (28/7) tersebut dihadiri beberapa tokoh masyarakat. Mereka meminta generasi muda lebih berperan dalam deradikalisasi untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Mantan Komandan Barisan Anshor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser NU) Sahlan Nasir menegaskan, generasi muda milenial perlu berperan sebagai pemersatu bangsa, bukan pemecah belah.

Menurutnya, ada lima peran ideal bagi generasi Z tersebut, yaitu sebagai pemersatu bukan pemecah belah, sebagai pelurus dan tidak main hakim sendiri, sebagai pejuang dunia dan akhirat, sebagai inovator bagi produksi lama tapi ikut menyempurnakan. “Terakhir, sebagai pendidik, mampu mendidik dirinya sendiri bukan orang lain,” katanya.

Sementara itu Perwakilan Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Tengah Bayu Tholib mengapresiasi kegiatan tersebut. “Sosialisasi deradikalisasi yang merupakan tanggung jawab bersama untuk membawa generasi kita mengenal dan lebih jauh untuk cinta untuk tanah air,” ujar Bayu.

Terkait deradikalisasi menurutnya, menjadi upaya yang tidak bisa dilakukan pemerintah sendiri, namun perlu peran semua unsur elemen masyarakat terlibat dalam menanamkan cinta air dan rasa nasionalisme sedini mungkin.

“Kegiatan ini akan membawa keberkahan yang luar biasa bagi kita dan santri untuk membangun untuk mencintai NKRI tidak ada pilihan lain,” ujarnya.

Menurutnya, kerukunan yang dibangun para elemen masyarakat, perlu sering diskusi bersama karena dengan musyawarahlah kemufakatan tercapai, “Untuk membangun kerukunan tidak ada komunikasi dan musyarawah tentu akan menjadi problem, tapi kalau sudah duduk bareng dengan menjalin tali silaturahmi insyaAllah tidak ada konflik,” tegas Bayu.

Sementara itu, Wida Annisa narasumber mewakili Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) mengatakan toleransi dan keterbukaan perlu dikedepankan terutama antar umat.

“Seperti yang diberikan pemateri dari Polda tadi bahwa untuk melawan deradikalisasi, diantaranya adalah toleransi maka bila kita bisa bertoleransi insyaalloh negeri ini akan damai dan sejahtera, dalam hal apa pun,” katanya. (*)

The post LDII Jateng Sosialisasi Deradikalisasi, Ini Komentar Para Tokoh appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-jateng-sosialisasi-deradikalisasi-ini-komentar-para-tokoh/

built with : https://erahajj.co.id