Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Ketapang Ajak Para Pemuda Peduli Pelestarian Pesisir Pantai

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 18 Juli 2022, 02:48:50

Ketapang (18/7). DPD LDII Kabupaten Ketapang mengerahkan para generasi muda. untuk aksi ‘pungut sampah’ sebagai bentuk peduli lingkungan di Pantai Air Mata Permai, Ketapang, pada Minggu (17/7).

Kegiatan peduli lingkungan tersebut dilatari kondisi pantai yang harusnya menjadi destinasi wisata, namun jauh dari kesan bersih. Ketua DPD LDII Kabupaten Ketapang Tunggono mengatakan, “Sampah dan limbah plastik masih mengotori kawasan pantai. Padahal pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata warga,” ungkapnya.

Posisi pantai yang berada di muara sungai diduga ikut memicu datangnya sampah. “Sampah rumah tangga yang hanyut di sungai akhirnya menumpuk di muara dekat kawasan pantai. Belum lagi budaya tertib buang sampah pada tempatnya juga masih rendah,” kata Tunggono.

Merasa kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, mendorong pemuda LDII Ketapang memunguti sampah di pantai itu. “Pertimbangannya adalah kebersihan dan membudayakan perilaku peduli lingkungan. Apalagi perilaku bersih merupakan seruan agama,” tambahnya.

Selain sebagai wujud pengabdian di bidang lingkungan, kegiatan itu selanjutnya untuk kampanye kesadaran lingkungan di kalangan warga. “Harapan kami, kalau hari ini pemuda LDII yang memungut sampah, semoga nantinya semakin banyak warga yang melakukan hal serupa sehingga bersama menjaga kebersihan sebagai bentuk kepedulian lingkungan,” ujar Tunggono.

Kawasan pantai yang juga dipenuhi hutan bakau tersebut, jika mampu dijaga dari ancaman sampah, menurutnya bakal jadi tempat ideal berkembangnya jenis ikan, udang dan kepiting.

“Dengan kawasan pantai masih banyak hutan bakau ini, dampak lain jika dijaga kebersihannya maka hasil tangkapan nelayan pesisir juga besar. Karena hutan bakau tempat berkembangnya habitat udang, ikan dan kepiting,” timpal Tunggono.

The post LDII Ketapang Ajak Para Pemuda Peduli Pelestarian Pesisir Pantai appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-ketapang-ajak-para-pemuda-peduli-pelestarian-pesisir-pantai/

built with : https://erahajj.co.id