Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Lampung Tumbuhkan Semangat Toleransi Melalui Tebar Kurban

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 15 Juli 2022, 05:02:03

Bandar Lampung (15/7). DPW LDII Provinsi Lampung menggelar tebar kurban. Seremoni acara tahunan itu diadakan di pelataran Kantor Sekretariat DPW LDII Provinsi Lampung, sekitar pukul 10.00 WIB.

Kegiatan tebar kurban pada Idul Adha 1443 H mengusung tema “Mari Berkurban untuk Meningkatkan Ketaqwaan dan Kepedulian Sosial dengan Semangat Harmoni dalam Keberagaman”. Hal tersebut sebagai salah satu bentuk dukungan DPW LDII Provinsi Lampung terhadap pemerintah yang mencanangkan tahun 2022 sebagai tahun toleransi.

Ketua DPW LDII Provinsi Lampung, Aditya mengatakan, pada tahun 2022 jumlah hewan kurban yang dihimpun oleh LDII se-Provinsi Lampung meningkat baik sapi maupun kambing. Tahun ini mereka berkurban 1.265 ekor sapi dan 1.016 ekor kambing, tersebar di 14 kabupaten dan kota se-Provinsi Lampung.

“Alhamdulillah hewan kurban pada tahun ini mengalami peningkatan, untuk sapi kenaikan sebanyak 3,43 persen dan untuk kambing naik sebanyak 3,25 persen dari tahun lalu. Meskipun sekarang sedang maraknya PMK (Penyakit Mulut Kuku) di hewan kurban,” ujar Aditya.

Pembagian hewan kurban tersebut menyasar kepada kaum dhuafa, disabilitas, yatim piatu, pondok pesantren, dan masyarakat umum. Selain itu, tidak hanya dibagikan kepada sesama kaum muslim, tetapi juga bagi masyarakat lintas agama.

“Paket kurban ini tidak hanya muslim yang diberikan tapi juga saudara kita yang nonmuslim, karena kesalehan tidak hanya secara pribadi tapi juga secara sosial, salah satunya dengan berbagi,” tambah Aditya saat membuka kegiatan tebar kurban.

Dalam kesempatan itu, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Lampung, Mohammad Bahruddin dalam sambutannya menyampaikan, bahwa LDII Lampung adalah o?organisasi profesional yang terbuka dan memiliki toleransi yang tinggi terhadap sesama masyarakat.

“Seperti apa yang selalu disebutkan oleh FKUB, Unity In Diversity, begitu pula dengan LDII yang selalu memikirkan toleransi antar umat,” ujar Bahruddin.

Untuk menyukseskan kurban, warga LDII melaksanakan program menabung selama setahun. Setelah Idul Adha, mereka mulai menabung lagi untuk mewujudkan kurban pada tahun berikutnya.

Program tersebut mendapat perhatian dan apresiasi dari Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, yang juga hadir dalam kegiatan tebar kurban.
“Ini menjadi inspirasi sekali bagi kami, kurban ini dari hasil nabung setahun, karena biasanya jika ada keperluan baru disiapkan,” ujar Sudin.

Selain itu, Ketua Komisi IV DPR RI yang juga berasal dari Fraksi PDI Perjuangan tersebut juga mengatakan bahwa melalui kegiatan tebar kurban ini, mematahkan asumsi yang mengatakan bahwa LDII adalah organisasi yang tertutup.

Kegiatan tebar kurban juga dihadiri oleh Ketua FKUB Provinsi Lampung Mohammad Bahruddin, Wakil Ketua PWNU Lampung Abdul Syukur, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, Intelkam Polda Lampung Kompol Hermizi, Lurah Labuhan Dalam, dan pejabat setempat.

The post LDII Lampung Tumbuhkan Semangat Toleransi Melalui Tebar Kurban appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-lampung-tumbuhkan-semangat-toleransi-melalui-tebar-kurban/

built with : https://erahajj.co.id