Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Berupaya Jaga Lingkungan, LDII Depok Tebar Daging Kurban Dibungkus Besek

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 14 Juli 2022, 02:19:00

Depok (14/7). LDII Kota Depok dan Kader Gemilang (Generasi Muda Bela Lingkungan) melaksanakan kurban. Daging-daging
kurban kemudian dibagikan dengan wadah besek, pada Minggu, (10/07/2022).

Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan, kurban yang disembelih warga LDII Kota Depok mencapai 550 hewan ternak yang terdiri dari sapi 283 ekor dan 267 ekor kambing. Daging yang sudah di potong kemudian ditempatkan dalam besek dan tas ramah lingkungan, guna mengurangi penggunaan sampah plastik.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LDII Kota Depok, H. Chairul Baihaqi, mengatakan bahwa sebagai wujud syukur dan peduli terhadap sesama, ribuan paket daging dibagikan kepada masyarakat sekitar DPD, PC dan PAC, khususnya 11 kecamatan yang ada di Kota Depok dengan sistem kupon maupun door to door.

“Pembagian daging kurban menggunakan besek merupakan pertama kalinya di tahun ini, yang kami (LDII Kota Depok) lakukan,” ujar Baihaqi

Langkah ini, menurutnya, menjadi bukti nyata ikhtiar LDII, dalam menanggapi imbauan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam surat edaran nomor SE.2/PSLB3/PS/PLB.0/7/2019 tentang Perayaan Hari Idul Adha Tanpa Sampah, guna meminimalisir penumpukan limbah plastik.

“Kami (LDII Kota Depok) menggunakan besek ini, agar lebih berwawasan lingkungan, dan dapat menjauhkan diri dari sampah plastik,” ucapnya.

Meskipun saat ini sedang merebak wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), panitia kurban memastikan bahwa hewan yang disembelih telah dikoordinasikan dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan sehingga aman memenuhi syariat dan secara klinis (Sehat dan tidak menunjukkan gejala PMK). Pelaksanaan penyembelihan juga mematuhi prokes Covid-19.

Lebih lanjut dipaparkan, panitia kurban oleh Abdul Rozak, Ketua PC LDII Cilodong, “Hewan yang sakit sudah dipisahkan dari yang sehat untuk menghentikan penyebaran dan dilakukan penyuntikan obat antibiotik pada hewan. Serta pemberian obat tradisional dari tumbuh-tumbuhan,” pungkasnya. (*Lupi/ FS LINES)

The post Berupaya Jaga Lingkungan, LDII Depok Tebar Daging Kurban Dibungkus Besek appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/berupaya-jaga-lingkungan-ldii-depok-tebar-daging-kurban-dibungkus-besek/

built with : https://erahajj.co.id