Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menyikapi PMK, PC LDII Andara Batasi Kumpulan Massa Saat Kurban

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 11 Juli 2022, 11:45:38

Jakarta (11/7). Warga LDII RT 013/003 yang dinaungi PC LDII Andara merayakan Idul Adha dengan sistem terbatas. Untuk Idul Adha tahun ini warga PC LDII Andara berkurban 21 ekor sapi dan 18 ekor kambing.

Pengurus PC LDII Andara sekaligus Ketua RT 013 H. Dasma mengungkapkan pihaknya membagikan 350 kantong daging hewan kurban untuk masyarakat RT 01, 02, 03 dan sebanyak 29 kantong untuk perwakilan organisasi seperti Tokoh Masyarakat (Tomas), Tokoh Agama (Toga), Tokoh Preman (Toprem) dan panti asuhan ampera.

Dalam pembagian tersebut panitia kurban membagi daging kurban dengan membatasi kumpulan massa, “Pintu gerbang komplek RT 013 ditutup dan hanya panitia yang bisa masuk, sehingga pembagiannya dapat dikendalikan. Tidak semua kumpul, jadi ada satu orang dititipin kartu kupon untuk beberapa orang, jadi tidak begitu ramai,” papar H. Dasma.

H. Dasma juga mengatakan, warganya bisa berkurban setiap tahunnya dengan sistem menabung. “Selama ini tabungan, juga dengan sistem patungan. Misal untuk satu ekor sapi kongsi bersama dari tujuh kepala keluarga, bagi yang mampu satu ekor sapi untuk satu keluarga,” ujarnya.

Dengan merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di daerah DKI Jakarta khususnya Jakarta Selatan, dua minggu lalu Sudin KPKP Jakarta Selatan berkolaborasi dengan DPD LDII Jakarta Selatan serta juru sembelih (Juleha) dalam webinar mengenai sosialisasi penyelenggaraan kurban yang aman, sehat, dan halal bebas dari PMK.

Dari webinar tersebut Kasudin KPKP, Dr Hasudungan Sidabalok menghimbau dalam pelaksanaan kurban supaya menjamin hewan kurban bebas PMK. Oleh karena itu dari Kamtibmas Pondok Labu mendatangi Komplek LDII Andara guna memantau acara penyembelihan hewan kurban.

Selain menjamin hewan kurban bebas PMK, Dr Hasudungan menegaskan panitia kurban supaya menggunakan wadah yang ramah lingkungan, dan H. Dasma mengamini hal tersebut. “Iya, kita memakai plastik ramah lingkungan sesuai dengan anjuran yaitu dengan plastik yang mudah terurai,” imbuh Dasma.

Menutup pernyataannya, H. Dasma berharap pada masa depan, kurban dapat ditingkatkan yakni satu keluarga sebanyak satu sapi.

The post Menyikapi PMK, PC LDII Andara Batasi Kumpulan Massa Saat Kurban appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/menyikapi-pmk-pc-ldii-andara-batasi-kumpulan-massa-saat-kurban/

built with : https://erahajj.co.id