Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Kalbar Ajak Warga Cegah Kebakaran Hutan dengan Cara Unik Ini

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 08 Juli 2022, 02:30:02

Mempawah (8/7). DPW LDII Kalbar secara masif melakukan kampanye mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan menyalurkan bibit pohon.

Hal ini disampaikan Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto pada saat pelaksanaan kampanye di Desa Pasir, Mempawah (6/7). “Kami mengajak dan meminta warga tidak membakar dalam memanfaatkan lahan, artinya mengolah tanah tanpa bakar. Jika mereka setuju tidak bakar lahan maka kami salurkan bantuan bibit,” ujarnya.

Dalam misi lingkungan ini, LDII Kalbar bekerjasama dengan Badan Pengelola Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Kapuas. “Secara kelembagaan misi lingkungan yang LDII lakukan didukung penuh oleh BPDAS HL kapuas. Jadi dukungan itu kami optimalkan, semoga upaya perbaikan lingkungan bisa dirasakan hasilnya,” kata dia.

Ia menambahkan, pemerintah dalam rangka melakukan kampanye tersebut sudah berjalan namun dukungan organisasi kemasyarakatan belum maksimal. “Tindakan preventif yang dilakukan pemerintah masih perlu dukungan luas, maka LDII sebagai organisasi dakwah mengambil peran dan insya Allah secara istiqomah terus berperan,” tegas Susanto.

Menurut Susanto, bibit yang disalurkan sebagai bentuk apresiasi juga disesuaikan dengan keinginan warga. “Tujuannya jika warga senang, maka akan merawatnya sehingga menghindari bakar lahannya. Inilah salah satu metode yang dilakukan,” tambahnya.

Kepala Dusun Sebukit Rama Desa Pasir, Muhammad Ali mengapresiasi kegiatan yang dilakukan LDII Kalbar, terutama dalam pencegahan karhutla. “Dusun Sebukit Rama rawan karhutla, karena itu jika diedukasi dan diberi bantuan bibit maka warga memiliki tanggung jawab menanam dan merawat,” ujarnya.

Ali menambahkan, jika dipetakan saat ini luas lahan warga yang belum dimanfaatkan seluas 98 hektar, “Dan itu masuk kategori rawan karhutla,” katanya.

Walaupun bantuan ini dinilai langkah yang tepat meski belum maksimal. “Saat ini sering hujan, dan warga diarahkan untuk menanam, maka peluang tumbuh subur akan sangat besar. Karena ini musim tanam,” katanya.

The post LDII Kalbar Ajak Warga Cegah Kebakaran Hutan dengan Cara Unik Ini appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-kalbar-ajak-warga-cegah-kebakaran-hutan-dengan-cara-unik-ini/

built with : https://erahajj.co.id