Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

Menjalin Ukhuwah, Merajut Kebersamaan

LDII Kalbar Galang Aksi Bersih-Bersih, Wujudkan Terminal Ramah Anak

Kategori : LDII News, Lintas Daerah, Ditulis pada : 03 Juli 2022, 10:16:18

Mempawah (3/7). DPW LDII Kalimantan Barat bekerja sama dengan pihak Kecamatan Sui Pinyuh menggelar aksi bersih-bersih halaman serta lingkungan di sekitar Terminal Sui Pinyuh, Mempawah (1/7). Terminal tersebut memang terlihat kumuh belakangan ini, karena rerumputan dan semak liar.

“Aksi berupa kerja konkrit ini kami kami tujukan agar Kota Sui Pinyuh menjadi wilayah yang bersih, hijau dan indah. Alhamdulillah hari LDII Kalbar bisa kolaborasi,” ujar Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto disela-sela kegiatan pada Jum’at (1/7). Dalam hitungan jam fasilitas umum yang awalnya terkesan kumuh karena rumput liar itu, berubah menjadi bersih dan terlihat asri.

Kolaborasi bersama Kecamatan Sui Pinyuh dan Perkumpulan Pemadam Kebakaran (Damkar) Jaguar serta dibantu Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Mempawah ini merupakan bagian dari pengabdian LDII Kalbar dalam bidang lingkungan hidup.

“Kegiatan serupa insya Allah secara berkelanjutan dan masif akan terus dilakukan, sekaligus mengajak warga peduli lingkungan. Semoga ini menjadi kontribusi dan dampaknya bisa dirasakan semua kalangan,” katanya.

Ia menambahkan, “Dampak kerusakan lingkungan sudah dirasakan, sehingga menuntut gerakan nyata melakukan perbaikan lingkungan termasuk menjaga kebersihan,” jelasnya.

Bahkan lanjut dia, kegiatan ini dijadikan sebagai momentum bagi Kecamatan Sui Pinyuh untuk sadar peduli lingkungan. “Kita butuh kerjasama, karena lingkungan Sui Pinyuh yang bersih, indah itu menjadi tanggung jawab kita semua, tentu yang terutama warga Sui Pinyuh sendiri,” tambahnya.

Membangun kesadaran kolektif dan memiliki kepedulian lingkungan itu memerlukan proses, tetapi bagi LDII sebagai organisasi dakwah tetap akan dilakukan. “Kampanye pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan tetap kami jalankan, karena dakwah itu mengajak kebaikan dan dakwahnya selain ajakan juga dilakukan dengan keteladanan,” ungkap Susanto.

Terminal Ramah Anak

Selain membersihkan kawasan terminal, LDII Kalbar juga mengganti beberapa jenis pohon yang dinilai kurang ramah anak. “Beberapa pohon bougenvile yang berduri kami ganti dengan bunga sepatu dea, tabebuya, dan palem yang cenderung ramah anak. Karena terminal fasilitas umum tempat banyak orang, bukan hanya dewasa melainkan juga anak-anak, ” kata Susanto.

Sementara itu Camat Sui Pinyuh, Ibrahim mengapresiasi langkah LDII yang begitu peduli untuk lingkungan Sui Pinyuh. “Atas nama Pemerintah Kecamatan Sui Pinyuh, kami mengapresi kepedulian LDII dalam membantu menjadikan kota ini lebih asri,” ujar dia.

Harapannya, langkah ini berkelanjutan dan dengan membangun komitmen termasuk akan melakukan hal sama di kawasan kumuh lainnya. “Saya Camat Sui Pinyuh dan LDII, insya Allah beberapa titik yang kumuh sudah dipetakan, artinya tetap menjadi perhatian bersama,” kata Ibrahim.

Ibrahim juga berharap dukungan dari warga Sui Pinyuh. “Saya berharap kalau hari ini LDII melakukan bakti lingkungan, maka sudah semestinya di lain kesempatan warga melakukan hal yang sama,” tegas dia.

Kolaborasi bakti lingkungan itu juga diikuti dari anggota perkumpulan Yayasan Chong Shen Sia, anggota Pos Lantas Sui Pinyuh dan juga Dinas Perhubungan dan LH Kabupaten Mempawah.

The post LDII Kalbar Galang Aksi Bersih-Bersih, Wujudkan Terminal Ramah Anak appeared first on Lembaga Dakwah Islam Indonesia.


Sumber berita : https://ldii.or.id/ldii-kalbar-galang-aksi-bersih-bersih-wujudkan-terminal-ramah-anak/

built with : https://erahajj.co.id